MENU NAVIGASI

4 Cara Berkendara Aman Menggunakan Motor Saat Hujan

  by    0   432   0

Memasuki musim hujan, beberapa kegiatan biasanya akan menjadi sedikit terhambat. Para pengguna kendaraan roda dua adalah salah satu yang akan merasakan hal tersebut karena pada musim hujan, kegiatan berkendara akan menjadi lebih sulit. Namun jika berada dalam situasi yang mengharuskan untuk tetap berkendara menggunakan sepeda motor, tidak ada pilihan lain selain tetap berkendara dibawah guyuran air hujan. Meskipun begitu, masih ada cara agar bekendara menggunakan sepeda motor tetap terasa aman, seperti 4 cara berikut ini:

  1. Gunakan Perlengkapan yang Benar.

    Berkendara menggunakan sepeda motor pada saat sedang turun hujan tentunya akan sedikit terhambat. Agar tetap aman dan nyaman, gunakanlah beberapa perlengkapan keselamatan yang benar seperti jas hujan, helm, sepatu boots anti air dan perlengkapan pendukung lainnya. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan yang tahan air agar kondisi tubuh tidak terkena air sehingga tidak akan merasa kedinginan yang bisa mengganggu berkendara.

  2. Berkendara Lebih Pelan.

    Kondisi jalanan pada saat hujan tentunya tidak akan sama seperti saat tidak hujan. Jalanan akan menjadi lebih licin dan jarak pandak pengendara akan menjadi lebih pendek. Berhati-hatilah dengan cara mengurangi kecepatan kendaraan dan berkendara dengan lebih bijak.

  3. Waspada Terhadap Jalanan Licin.

    Hujan yang mengguyur tidak jarang membuat pasir yang berada di samping jalan menjadi terbawa menuju badan jalan. Hal ini tentunya bisa membuat jalan menjadi lebih licin dan membahayakan pengguna kendaraan roda dua. Selain itu, waspada pula terhadap oli yang seringkali ditemukan di jalanan pada saat hujan. Kedua materi ini bisa membuat jalanan menjadi lebih licin.

  4. Hindari Gendangan Air.

    Selain menjadi lebih licik, ancaman genangan air di jalan ketika sedang hujan juga bisa mengganggu pengendara. Yang lebih membahayakan adalah ketika di dalam gendangan air tersebut terdapat jalan yang lubang dan bisa membahayakan pengendara. Agar terhindar dari ancaman ini, hindarilah gendangan air yang ada di jalan saat berkendara saat hujan.

 

Share

Artikel Terkait

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda MotorJenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana?

READ MORE →

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

5 Tips Bikin Motor Matik AwetSaat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur.

READ MORE →

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram Panas

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram PanasRem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.
Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.


READ MORE →

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?Perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga keselamatan diri kamu, tapi juga bisa menjaga keselamatan pengendara lain. Saat ini jumlah pengendara sepeda motor yang ada di jalan raya semakin banyak, hal ini berdampak sama meningkatnya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor.
Kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya adalah antara sepeda motor dengan sepeda motor. Hal ini terjadi karena pengendara hilang fokus atau tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Saat sepeda motor bertabrakan dengan kendaraan lain sampai sepeda motor jatuh menyentuh aspal, biasanya mesin sepeda motor akan langsung mati.


READ MORE →

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di Ban

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di BanBiasanya saat kamu melakukan penggantian dari ban biasa jadi ban tubeless, petugas bengkel akan menawarkan untuk mnggunakan cairan anti boco. Mereka mengatakan kalau cairan anti bocor ini bisa membantu menutup lubang atau bocor di ban kamu secara otomatis. Walaupun terdengar sangat menjanjikan, tapi ternyata cairan anti bocor ini ditengarain juga punya efek buruk untuk ban motor kamu

READ MORE →

Comments are closed.