MENU NAVIGASI

AHM Luncurkan Honda CMX500 Rebel di Tanah Air

  by    0   255   0

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor kustom terbaru, Honda CMX500 Rebel yang mencerminkan imajinasi, gaya hidup, dan jati diri pengendara. Desainnya yang ramping dengan perpaduan style tak lekang oleh waktu dan gaya kontemporer memberikan kebanggaan sekaligus ruang kustomisasi yang tak terbatas sehingga tercipta ikatan emosi yang kuat dengan pengendaranya.

Honda CMX500 Rebel dikembangkan lebih dari sekedar moda transportasi. Model ini merupakan refleksi dari sebuah gaya hidup, karakter, serta sarana bagi pengendara untuk mengekspresikan identitasnya.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan para penggemar big bike yang memiliki karakter berani namun memiliki selera modern minimalis kini telah menjadikan motor sebagai salah satu cara mengekspresikan identitas individualnya. Ekspektasi terhadap motor pun berbeda dengan motor-motor yang telah ada di pasaran, dimana motor diharapkan dapat mencerminkan karakter dan gaya hidup mereka.

“Kami meluncurkan Honda CMX500 Rebel sebagai sebuah jawaban bagi mereka yang mencari individualitas di motor mereka dan ruang untuk mengkustomnya sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini sejalan dengan komitmen tinggi AHM untuk menghadirkan jajaran lengkap motor untuk konsumen Indonesia sehingga mereka dapat menikmati setiap sensasi berkendara sesuai dengan gaya hidup mereka”

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan tren kebebasan berekspresi dan gaya hidup yang mencerminkan jati diri di kalangan pengendara motor semakin kuat saat ini. Oleh karena itu, AHM berupaya menemani mereka mengekspresikan keinginan dan jati dirinya. Ikatan kuat motor dan pengendaranya ini diyakini mampu membuat motor menjadi bagian dari kebanggaan atas identitas unik mereka masing-masing.

“Kami pun menyadari konsumen di segmen ini merupakan orang-orang yang tidak hanya ingin tampil berbeda, namun juga mendapat layanan berbeda yang personal, dekat, dan hangat saat berinteraksi. Oleh karena itu, kami menyiapkan layanan khusus di jaringan Big Wing Honda yang tersebar di semua pulau besar Indonesia.”

Dua kata kunci saat pengembangan Honda CMX500 Rebel yaitu sederhana dan mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Namun untuk menghadirkannya dengan sentuhan seni dan minimalis desain menjadi kebutuhan penting saat membuat detailnya.

Pengendara Rebel akan melaju di atas ban lebar yang rendah dan siluet ‘bobber’ yang ramping, dilengkapi dengan tangki mendongak berkapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar, dan pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor. Dari semua sudut, model ini dapat menggambarkan karakter individu yang menggelora.

Balutan warna hitam semakin memperkuat desain Rebel yang fleksibel sejalan dengan sisi bawah yang dicat secara halus. Lampu depan tampil khas dengan diameter berukuran 135mm.

‘Satu tombol’ speedo 100mm berdesain kompak dengan layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok dan efektif, sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki bahan bakar.

Dengan mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil dari Honda CBR500R yang sporti.  Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan revisi pemetaan PGM-FI fuel injection yang menghasilkan karakter berbeda dari kinerja rpm berfokus tinggi CBR untuk output bottom-end torsi-padat, dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.

Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.

Gesekan dapat diminimalkan dengan penambahan alur pada permukaan (lapisan akhir ini dapat meningkatkan luas permukaan, untuk memberikan celah dimana oli dapat mengalir untuk pelumasan yang lebih baik). Proses AB 1 salt bath, dilakukan setelah isonite nitriding, membentuk pelindung membran oksidasi.

Pin crankshaft dengan sudut 180 ° dan primary couple-balancer diletakkan di belakang silinder, dekat dengan pusat gravitasi motor. Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears, mengurangi noise. Poros Engkol penyeimbang secara khusus dibentuk untuk pasangan-keseimbangan yang ringan memungkinkan mesin berputar bebas dengan mengurangi inersia.

Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.

Untuk mendukung tampilan low-rider, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110mm dengan 28° rake; garpu offset 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1488mm, menghasilkan ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-onmemberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.

Garpu depan berdiameter 41mm dipasang dengan jarak selebar 230mm untuk menunjang berkendara sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Swingarm baja berbentuk tabung dengan diameter 45mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki 2 pengaturan tingkat preload.

Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130 / 90-16 di depan dan 150 / 80-16 belakang. Tampilan  roda aluminium cor 16 inci sederhana dan tampil menggoda, dengan disk akting depan 296mm sebagai cermin dengan spoke pattern. Sebuah caliper twin-piston depan cocok dengan piston belakang tunggal; ABS dipasang sebagai standar.

Honda CMX500 Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite Black dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 147.387.500,-. Model ini dipasarkan secara eksklusif di 10 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia dan dapat dimiliki sejak akhir Maret 2017.

AHM turut menghadirkan Honda Genuine Accesories (HGA) untuk mengekspresikan kebebasan pengendara dengan Headlight Mask, Engine Cover R, Cover Alu Side, dan Side Upper yang dapat dimiliki pada April 2017 di Showroom Big Wing Honda dipasarkan dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 900.000,- hingga Rp 1.200.000,-.

 

Spesifikasi

 

TypeLiquid-cooled (8 valve), DOHC Parallel Twin engine
Engine Displacementcc471
Bore x Strokemm67 x 66.8
Compression Ratio10.7 : 1
Max. Power Output35.2kW @ 8,500rpm
Max. Torque45.8 Nm @ 5,500rpm
Oil Capacityliter2.5
Fuel SystemPGM-FI
Fuel Tank Capacityliter11,2
Fuel consumptionkm/l27
StarterElectric
Battery Capacity12V
Clutch TypeWet, multi-plate hydraulic
Transmission Type6-speed
Final DriveChain
Frame TypeDiamond Steel
Dimensions (LxWxH)mm2.188 x 820 x 1.094
Wheelbasemm1488
Caster Angle28°
Seat Heightmm690
Ground Clearancemm136
Curb Weightkg190
Turning Radiusm2.85
Suspension TypeFrontShowa 41mm Telescopic forks, 140mm stroke
RearShowa 95mm twin tube suspension
TireFront130/90-16 M/C 67H Tubeless
Rear150/80-16 M/C 71H Tubeless
Brake TypeABS 2-channel
InstrumentsDigital
HeadlightBulb 55 Watt
TaillightBulb 8.3 Watt
Share

Artikel Terkait

Wahana Uji Kompetensi Guru SMK Binaan Astra Honda

Wahana Uji Kompetensi Guru SMK Binaan Astra HondaJakarta, 09 Oktober 2017 –Guna menghasilkan kualitas pendidikan SMK Binaan Astra Honda yang maksimal, seluruh tenaga pengajar wajib ikuti Sertifikasi Guru SMK Teknik Sepeda Motor Binaan Honda yang diadakan Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS). Tidak hanya sekali, seluruh guru mutlak ikut tiga tahap sertifikasi yaitu Bronze, Silver dan Gold.
Berlokasi di Technical Training Center Wahana di Jatake Tangerang padaJumat (06/10), sebanyak 11 guru berasal dari SMK Binaan Honda ikuti uji sertifikasi tahap bronze. Pada ujian ini seluruh guru peserta dapatkan materi uji seperti kelistrikan, sasis, PGM FI, mesin,dan hal umum lain terkait sepeda motor Honda. Berjalan sejak pagi, peserta uji di awasi langsung tim Training Wahana Makmur Sejati.


READ MORE →

Honda Bikers Day 2017 Konsumen Honda BigBike ‘Gas’ Jakarta Yogyakarta

Honda Bikers Day 2017 Konsumen Honda BigBike ‘Gas’ Jakarta YogyakartaJakarta, 15 Oktober 2017 – Tidak mau ketinggalan dengan kegiatan akbar ‘penggila’ motor Honda di Yogyakarta, The 9th Honda Bikers Day, 32 Anggota Honda BigBike Jakarta ‘gas’ tunggangan kesayangan mereka sejak 13 hingga 16 Oktober 2017 menuju Yogyakarta. Honda BigBike Jakarta memulai perjalanan pada Jumat (13/10) dini hari dengan titik pertemuan di salah satu SPBU di bilangan Kalimalang, Jakarta Timur.
Turing ratusan kilometer yang diikuti puluhan anggota Honda BigBike Jakarta kali ini dipastikan spesial dalam rangka memeriahkan gelaran nasional The 9th Honda Bikers Day yang berlangsung di Lapangan Udara (Lanud) Gading, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menuju tempat spesial, rute kali ini juga memilih jalan yang spesial karena seluruh tipe jalan lengkap ‘dilibas’ untuk menikmati berkendara dengan produk Honda BigBike.


READ MORE →

Jutaan Motor Lakukan Perawatan dan Perbaikan di AHASS

Jutaan Motor Lakukan Perawatan dan Perbaikan di AHASSJakarta, 12 Oktober 2017 – Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) mendata sepanjang Januari hingga Agustus, konsumen yang melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) mencapai 3.800.000 unit (all type). Melihat besarnya kepercayaan konsumen terhadap layanan AHASS ini, Wahana lakukan beragam kegiatan dalam rangka jaga layanan optimal dan terbaik.
Pengawasan yang dilakukan Wahana terus ditingkatkan dan dijaga terhadap 350 AHASS yang berada diwilayah Jakarta dan Tangerang. Seluruh sumber daya AHASS juga diberikan pelatihanguna meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan handal. Mulai dari Service Advisor, mekanik, frontdesk, dan partman secara rutin setiap tahun mendapatkan ‘penyegaran’ pengetahuan yang dilakukan langsung oleh tim instruktur training center Wahana


READ MORE →

Yayasan Wahana Artha Dukung Penyebaran Ilmu Paliatif

Yayasan Wahana Artha Dukung Penyebaran Ilmu PaliatifJakarta, 16 Oktober 2017 – Yayasan Wahana Artha sebagai organisasi sosial nirlaba di bawah Wahana Artha Group dukung gerakan asuhan paliatif (ilmu medis mendukung secara emosional dan sosial pasien penyakit berat untuk menikmati kualitas hidup lebih baik) yang digalakkan yayasan Rumah Rachel. Dukungan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orang atau keluarga ketika mengurus keluarga yang terkena penyakit berat.
Berlangsung selama dua hari di salah satu mall di kawasan Cilandak pada Sabtu dan minggu (14-15/10). Yayasan Wahana Artha bantu kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengembangan kemampuan paliatif khususnya bagi anggota keluarga yang memiliki pasien dengan tingkat penyakit berat. Tidak hanya sekedar perawatan, tindakan paliatif menitik beratkan kepada kemampuan emosional dan sosial pengasuh terhadap anggota keluarga yang sedang mengalami sakit berat.


READ MORE →

Final Honda Modif Contest 2017 Ribuan Biker Jadi Saksi Kreatifitas Modifikator Jakarta

Final Honda Modif Contest 2017 Ribuan Biker Jadi Saksi Kreatifitas Modifikator JakartaJakarta, 16 Oktober 2017 – Terbukti, modifikator motor asal Jakarta masih dapat tunjukkan kemampuannya mengolah kendaraan roda dua dengan apik. Pada ajang final Honda Modif Contest (HMC) 2017 yang berlangsung di Honda Bikers Day 2017 di Gunung Kidul Yogyakarta, Sabtu (14/10), tiga modifikator asal Jakarta berhasil masuk juara 1 dan dua di tiga kategori, disaksikan ribuan bikers Honda seluruh Indonesia yang hadir pada kesempatan ini.

Ketiga pemenang adu kreatif modifikasi sepeda motor Honda asal Jakarta tersebut adalah, Rully Manarulla juara satu nasional kelas All Stock Advance, Aya Sofia juara kedua nasional kelas Free For All, dan Ardhie Malik Abdillah jura kedua nasional kelas Sport Advance. Ketiga jawara asal Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) ini berhasil setelah melalui tahapan sengit pada HMC 2017 seri Jakarta yang berlangsung pada September silam.


READ MORE →

Comments are closed.