MENU NAVIGASI

Hal-Hal Sepele yang Bikin Cat Motor Rusak

  by    0   431   0

 

Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika ekterior motor dalam hal ini cat motor. Pasalnya, motor yang kotor biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya juga lho. Nah, bagaimana mau dilirik sama wanita kalau motor kita aja penampilannya kurang oke.

Ya, istilah apa yang tampak itulah yang menjadi penilaian, sepertinya boleh jadi memang benar. Motor yang kotor bisa mencitrakan diri kita kurang bisa merawat motor, meskipun kinerja mesinnya masih mumpuni melibas medan-medan yang berat sekalipun. Oleh sebab itu, menjaga keindahan body motor itu penting supaya pengguna maupun orang lain yang melihat “si kuda besi” kita nyaman.

Tapi ada beberapa hal yang patut kita cermati ketika kita mencuci sepeda motor kesayangan. Pasalnya, beberapa hal berikut justru bukan bikin motor keliatan cantik, tapi justru bikin cat motor rusak.

  • Pencucian

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. Oleh sebab itu, buat kalian yang suka mencuci motor dengan sabun colek atau deterjen, ada baiknya meninggalkan kebiasaan tersebut dan membeli shampoo khusus untuk mencuci motor.

  • Pengeringan

Proses pengeringan juga menjadi faktor kualitas cat pada motor berkurang. Pengeringan yang kurang sempurna, misalnya masih ada bercak air yang tertinggal pada bodi motor, juga bisa membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah kamu mencuci motor. Gunakan kanebo atau kain halus lainnya yang sekiranya tidak akan menggores cat motor.

  • Pemasangan stiker

Nah buat kamu yang hobi memasangkan stiker secara berlebihan pada motor juga perlu berhati-hati, pasalnya hal itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Ketika stiker itu dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Share

Artikel Terkait

HDC 2017 Seri Jakarta Komitmen Membuka Ruang Aktifitas Balap

HDC 2017 Seri Jakarta Komitmen Membuka Ruang Aktifitas BalapJakarta, 29 Oktober 2017 – Main Dealer Honda Jakarta dan Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), dengan bangga gelar ajang balap bergengsi Honda Dream Cup (HDC) 2017 Putaran Jakarta. Berlangsung pada Sabtu dan Minggu (28-29/ 10) di Kemayoran, Jakarta Pusat, HDC diikuti team dan pebalap papan atas yang akan bersaing ketat di arena balap One Make Race Honda Ini.
Kegiatan yang didukung penuh PT. Astra Honda Motor, tahun ini HDC telah memasuki usia ke 13. Ajang ini jadi bukti komitmen Honda dalam memberikan ruang aktifitas bagi pelaku dan penggemar balap, sekaligus sebagai arena mengembangkan bakat dan lahirnya encari bibit handal dunia balap motor untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional. Selain itu, HDC juga jadi satu pembuktian tentang keunggulan produk Honda di dunia balap motor.


READ MORE →

Honda Dream Cup 2017 Seri Jakarta Honda Berbagi Pengetahuan Seputar Balap di SMK Strada

Honda Dream Cup 2017 Seri Jakarta Honda Berbagi Pengetahuan Seputar Balap di SMK StradaJakarta, 28 Oktober 2017 - Jelang ajang balap Honda Dream Cup 2017 (HDC) Seri Jakarta, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT. Astra Honda Motor (AHM) melakukan kegiatan HDC tour ke SMK Strada Jakarta, Sabtu (28/10).
Pada HDC Tour ke SMK Strada ini, selain berbagai pengetahuan mengenai safety riding, teknologi injeksi dan product knowledge, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Rheza Danica Ahrens yang saat ini turun di ajang balap AP250 ARRC 2017 serta pimpinan klasemen sementara kejurnas sport 250cc, akan ikut berbagi pengalamannya


READ MORE →

Wahana Uji Kompetensi Guru SMK Binaan Astra Honda

Wahana Uji Kompetensi Guru SMK Binaan Astra HondaJakarta, 09 Oktober 2017 –Guna menghasilkan kualitas pendidikan SMK Binaan Astra Honda yang maksimal, seluruh tenaga pengajar wajib ikuti Sertifikasi Guru SMK Teknik Sepeda Motor Binaan Honda yang diadakan Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS). Tidak hanya sekali, seluruh guru mutlak ikut tiga tahap sertifikasi yaitu Bronze, Silver dan Gold.
Berlokasi di Technical Training Center Wahana di Jatake Tangerang padaJumat (06/10), sebanyak 11 guru berasal dari SMK Binaan Honda ikuti uji sertifikasi tahap bronze. Pada ujian ini seluruh guru peserta dapatkan materi uji seperti kelistrikan, sasis, PGM FI, mesin,dan hal umum lain terkait sepeda motor Honda. Berjalan sejak pagi, peserta uji di awasi langsung tim Training Wahana Makmur Sejati.


READ MORE →

Honda Bikers Day 2017 Konsumen Honda BigBike ‘Gas’ Jakarta Yogyakarta

Honda Bikers Day 2017 Konsumen Honda BigBike ‘Gas’ Jakarta YogyakartaJakarta, 15 Oktober 2017 – Tidak mau ketinggalan dengan kegiatan akbar ‘penggila’ motor Honda di Yogyakarta, The 9th Honda Bikers Day, 32 Anggota Honda BigBike Jakarta ‘gas’ tunggangan kesayangan mereka sejak 13 hingga 16 Oktober 2017 menuju Yogyakarta. Honda BigBike Jakarta memulai perjalanan pada Jumat (13/10) dini hari dengan titik pertemuan di salah satu SPBU di bilangan Kalimalang, Jakarta Timur.
Turing ratusan kilometer yang diikuti puluhan anggota Honda BigBike Jakarta kali ini dipastikan spesial dalam rangka memeriahkan gelaran nasional The 9th Honda Bikers Day yang berlangsung di Lapangan Udara (Lanud) Gading, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menuju tempat spesial, rute kali ini juga memilih jalan yang spesial karena seluruh tipe jalan lengkap ‘dilibas’ untuk menikmati berkendara dengan produk Honda BigBike.


READ MORE →

Comments are closed.