MENU NAVIGASI

Hal-Hal Sepele yang Bikin Cat Motor Rusak

  by    0   483   0

 

Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika ekterior motor dalam hal ini cat motor. Pasalnya, motor yang kotor biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya juga lho. Nah, bagaimana mau dilirik sama wanita kalau motor kita aja penampilannya kurang oke.

Ya, istilah apa yang tampak itulah yang menjadi penilaian, sepertinya boleh jadi memang benar. Motor yang kotor bisa mencitrakan diri kita kurang bisa merawat motor, meskipun kinerja mesinnya masih mumpuni melibas medan-medan yang berat sekalipun. Oleh sebab itu, menjaga keindahan body motor itu penting supaya pengguna maupun orang lain yang melihat “si kuda besi” kita nyaman.

Tapi ada beberapa hal yang patut kita cermati ketika kita mencuci sepeda motor kesayangan. Pasalnya, beberapa hal berikut justru bukan bikin motor keliatan cantik, tapi justru bikin cat motor rusak.

  • Pencucian

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. Oleh sebab itu, buat kalian yang suka mencuci motor dengan sabun colek atau deterjen, ada baiknya meninggalkan kebiasaan tersebut dan membeli shampoo khusus untuk mencuci motor.

  • Pengeringan

Proses pengeringan juga menjadi faktor kualitas cat pada motor berkurang. Pengeringan yang kurang sempurna, misalnya masih ada bercak air yang tertinggal pada bodi motor, juga bisa membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah kamu mencuci motor. Gunakan kanebo atau kain halus lainnya yang sekiranya tidak akan menggores cat motor.

  • Pemasangan stiker

Nah buat kamu yang hobi memasangkan stiker secara berlebihan pada motor juga perlu berhati-hati, pasalnya hal itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Ketika stiker itu dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Share

Artikel Terkait

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda MotorJenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana?

READ MORE →

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

5 Tips Bikin Motor Matik AwetSaat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur.

READ MORE →

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram Panas

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram PanasRem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.
Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.


READ MORE →

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?Perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga keselamatan diri kamu, tapi juga bisa menjaga keselamatan pengendara lain. Saat ini jumlah pengendara sepeda motor yang ada di jalan raya semakin banyak, hal ini berdampak sama meningkatnya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor.
Kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya adalah antara sepeda motor dengan sepeda motor. Hal ini terjadi karena pengendara hilang fokus atau tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Saat sepeda motor bertabrakan dengan kendaraan lain sampai sepeda motor jatuh menyentuh aspal, biasanya mesin sepeda motor akan langsung mati.


READ MORE →

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di Ban

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di BanBiasanya saat kamu melakukan penggantian dari ban biasa jadi ban tubeless, petugas bengkel akan menawarkan untuk mnggunakan cairan anti boco. Mereka mengatakan kalau cairan anti bocor ini bisa membantu menutup lubang atau bocor di ban kamu secara otomatis. Walaupun terdengar sangat menjanjikan, tapi ternyata cairan anti bocor ini ditengarain juga punya efek buruk untuk ban motor kamu

READ MORE →

Comments are closed.