MENU NAVIGASI

Hal-Hal Sepele yang Bikin Cat Motor Rusak

  by    0   250   0

 

Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika ekterior motor dalam hal ini cat motor. Pasalnya, motor yang kotor biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya juga lho. Nah, bagaimana mau dilirik sama wanita kalau motor kita aja penampilannya kurang oke.

Ya, istilah apa yang tampak itulah yang menjadi penilaian, sepertinya boleh jadi memang benar. Motor yang kotor bisa mencitrakan diri kita kurang bisa merawat motor, meskipun kinerja mesinnya masih mumpuni melibas medan-medan yang berat sekalipun. Oleh sebab itu, menjaga keindahan body motor itu penting supaya pengguna maupun orang lain yang melihat “si kuda besi” kita nyaman.

Tapi ada beberapa hal yang patut kita cermati ketika kita mencuci sepeda motor kesayangan. Pasalnya, beberapa hal berikut justru bukan bikin motor keliatan cantik, tapi justru bikin cat motor rusak.

  • Pencucian

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. Oleh sebab itu, buat kalian yang suka mencuci motor dengan sabun colek atau deterjen, ada baiknya meninggalkan kebiasaan tersebut dan membeli shampoo khusus untuk mencuci motor.

  • Pengeringan

Proses pengeringan juga menjadi faktor kualitas cat pada motor berkurang. Pengeringan yang kurang sempurna, misalnya masih ada bercak air yang tertinggal pada bodi motor, juga bisa membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah kamu mencuci motor. Gunakan kanebo atau kain halus lainnya yang sekiranya tidak akan menggores cat motor.

  • Pemasangan stiker

Nah buat kamu yang hobi memasangkan stiker secara berlebihan pada motor juga perlu berhati-hati, pasalnya hal itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Ketika stiker itu dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Share

Artikel Terkait

Sinyal Tangan Saat Touring

Sinyal Tangan Saat TouringSekarang ini banyak klub sepeda motor yang melakukan perjalanan bersama atau biasa disebut touring. Mereka yang ikut perjalanan touring ini mengandalkan sinyal tangan untuk berkomunikasi antar peserta mulai dari pemimpin touring sampai peserta yang ada paling belakang.

READ MORE →

Cara Mengganti Hand Grip

Cara Mengganti Hand GripSetiap sepeda motor pasti dilengkapi hand grip yang memang sudah bawaan pabrik dan sesuai standar keamanan serta kenyamanan untuk kamu gunakan. Tapi tak sedikit orang yang mengganti hand grip sepeda motor mereka dengan hand grip baru yang sesuai dengan keinginannya. Untuk mengganti hand grip ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan penjual aksesoris sepeda motor, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri.

READ MORE →

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan JauhBukan hanya dipakai untuk perjalanan jarak dekat saja, sekarang ini motor juga banyak dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kendaraan apapun yang kamu gunakan untuk melakukan perjalan jarak jauh pastinya perlu diperiksa kondisinya biar kamu tidak mengalami masalah pada kendaraan saat di perjalanan tak terkecuali dengan sepeda motor.

READ MORE →

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl Band

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl BandJakarta, 18 Juni 2107 - Safety riding atau bekendara aman merupakan harga mati bagi Honda, bahkan pada pagelaran Jakarta Fair 2017 brand ambassador produk Honda BeAt, JKT 48 berikan kampanye terbaru #Cari_aman langsung dihadapan pengunjung booth Honda pada Sabtu (17/06).
Tidak hanya berika pertunjukan khas girl band, JKT 48 juga mengkampanyekan program safety riding Cari Aman. Pada sosialisasi di depan ratusan pengunjung booth Honda ini Jakarta 48 menghimbau tentang pentingnya menggunakan atribut yang aman sebelum mengendarai motor dijalan raya. Pakaian adalah hal yang terpenting dalam menciptakan kondisi aman saat berkendara yaitu menggunakan jaket dan helm.


READ MORE →

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan RamadhanJakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) beserta jaringan main dealernya menggelar Brotherfood Gathering dan Bikers Sholeh sekaligus mengajak sekitar 1.820 bikers yang tergabung dalam 78 klub New Honda Supra GTR 150 berbagi kebaikan. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini merupakan upaya AHM dan jaringan main dealernya untuk mempererat silaturahmi antar bikers sekaligus menebar kebaikan melalui berbagai kegiatan amal.

READ MORE →

Comments are closed.