MENU NAVIGASI

Hal-Hal Sepele yang Bikin Cat Motor Rusak

  by    0   141   0

 

Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika ekterior motor dalam hal ini cat motor. Pasalnya, motor yang kotor biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya juga lho. Nah, bagaimana mau dilirik sama wanita kalau motor kita aja penampilannya kurang oke.

Ya, istilah apa yang tampak itulah yang menjadi penilaian, sepertinya boleh jadi memang benar. Motor yang kotor bisa mencitrakan diri kita kurang bisa merawat motor, meskipun kinerja mesinnya masih mumpuni melibas medan-medan yang berat sekalipun. Oleh sebab itu, menjaga keindahan body motor itu penting supaya pengguna maupun orang lain yang melihat “si kuda besi” kita nyaman.

Tapi ada beberapa hal yang patut kita cermati ketika kita mencuci sepeda motor kesayangan. Pasalnya, beberapa hal berikut justru bukan bikin motor keliatan cantik, tapi justru bikin cat motor rusak.

  • Pencucian

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia yang keras dan bisa merusak kualitas cat motor kita. Oleh sebab itu, buat kalian yang suka mencuci motor dengan sabun colek atau deterjen, ada baiknya meninggalkan kebiasaan tersebut dan membeli shampoo khusus untuk mencuci motor.

  • Pengeringan

Proses pengeringan juga menjadi faktor kualitas cat pada motor berkurang. Pengeringan yang kurang sempurna, misalnya masih ada bercak air yang tertinggal pada bodi motor, juga bisa membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah kamu mencuci motor. Gunakan kanebo atau kain halus lainnya yang sekiranya tidak akan menggores cat motor.

  • Pemasangan stiker

Nah buat kamu yang hobi memasangkan stiker secara berlebihan pada motor juga perlu berhati-hati, pasalnya hal itu juga berpengaruh terhadap kualitas cat motor. Ketika stiker itu dicabut atau terlepas, lapisan pelindung cat pada bodi motor juga akan ikut terkelupas. Selain itu, bekasnya pun akan membuat motor tidak enak dipandang.

  • Tempat parkir

Seperti kebanyakan tips menjaga kualitas cat pada motor lainnya, upayakan untuk tidak menaruh/memarkirkan motor di tempat yang langsung terkena sorot sinar matahari, air hujan, dan embun. Pasalnya hal itu dapat membuat kualitas cat pada motor menurun, bahkan bisa membuat korosi/karat pada beberapa bagian motor. Hal ini bisa diantisipasi dengan mencari tempat parkir yang teduh/tertutup atau bisa jadi dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

  • Penggunaan Cairan

Upayakan untuk jangan terlalu sering menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan bodi motor. Pasalnya, kandungan kimia yang ada pada cairan itu jika digunakan berlebihan juga dapat membuat kualitas cat pada motor berkurang/pudar.

Share

Artikel Terkait

Tips Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

Tips Mudah Mengganti Oli Motor SendiriMemelihara oli motor merupakan hal yang penting agar mesin motor kamu lebih awet. Nah, berikut adalah langkah mudah mengganti oli sendiri.

READ MORE →

Yang Harus dan Jangan Dilakukan Terkait Ban Motor

Yang Harus dan Jangan Dilakukan Terkait Ban MotorTahukah kamu kalau kamu tidak memantau kondisi ban dan tekanan angin di ban secara rutin bisa berpengaruh pada performa motor kesayangan dan memperbesar resiko terjadinya kecelakaan? Nah, untuk mencegah terjadinya insiden akibat si karet bundar, berikut beberapa hal yang harus dan jangan dilakukan terkait ban motor.

READ MORE →

AHM Hadirkan Honda CB650F yang Lebih Bertenaga

AHM Hadirkan Honda CB650F yang Lebih BertenagaJakarta – PT Astra Honda Motor menghadirkan Honda CB650F yang lebih bertenaga dan kaya fitur pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Dengan penyematan mesin 650cc DOHC 4 silinder baru, penyematan lampu LED, serta warna dan stripe baru, naked big bike Honda CB650F akan semakin memacu adrenalin pengendaranya.

READ MORE →

Baru Ganti Ban? Jangan Langsung Gaspol!

Baru Ganti Ban? Jangan Langsung Gaspol!ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Jadi, perhatikan selalu tekanan dan kembangan ban. Ban yang terlalu botak bakalan mudah kehilangan daya cengkeram.

READ MORE →

AHM Luncurkan Skutik Premium Bergaya Eropa Honda SH150i

AHM Luncurkan Skutik Premium Bergaya Eropa Honda SH150iAstra Honda Motor meluncurkan skutik premium bergaya Eropa, Honda
SH150i. Skutik berdesain elegan, lincah & nyaman ini untuk memenuhi gaya
hidup kaum urban.

READ MORE →

Comments are closed.