MENU NAVIGASI

Hal yang Harus Segera Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Ringan di Motor

  by    0   189   0

Melaksanakan beberapa hal yang bisa membuat perjalanan kita tetap aman dan nyaman saat berkendara menggunakan sepeda motor memang sudah seharusnya dilakukan setiap orang sebelum memulai berkendara. Meskipun kita sudah mematuhi peraturan dan berkendara secara tertib, namun kecelakaan bisa menimpa siapa saja akibat beberapa kejadian yang diluar rencana. Saat pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan, ada hal hal yang harus segera dilakukan, yaitu seperti berikut ini:

  1. 1.         Amankan diri dari tempat kejadian. Jika kamu bisa, cobalah untuk mencari tempat yang lebih aman seperti di tepi jalan. Periksa apakah ada bahan bakar yang bocor pada motor dan periksa pula jika ada orang lain yang ikut mengalami kecelakaan.
  1. 2.         Cek kembali semua perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sepatu dan yang lainnya. Apakah ada kerusakan pada alat-alat tersebut. Sambil memeriksa bagian tubuh mana saja yang mengalami luka.
  1. 3.         Cobalah untuk tidak terlalu panik dengan cara mengatur cara bernafas. Saat kita merasa panik, biasanya akan lebih susah untuk berpikir dan bertindak secara jernih.
  1. 4.         Cobalah untuk mencari informasi mengenai pihak lain yang ikut terlibat dalam kecelakaan. Hal ini bisa sangat membantu jika kejadian ini akan diajukan pada pihak asuransi yang kamu miliki. Mintalah informasi yang lengkap mengenai data pihak yang ikut terlibat, jika itu bukanlah sebuah kecelakaan tunggal.
  1. 5.         Hubungi pihak kepolisian untuk membantu mencari jalan keluar jika kecelakaan yang kamu alami adalah sebuah kecelakaan yang melibatkan pihak pengendara lain.
  1. 6.         Tetaplah diam di tempat kejadian atau di sekitar temapt tersebut dan jangan pernah meninggalkan tempat kejadian sebelum pihak kepolisian tiba (jika kamu menghubunginya) atau saat semua informasi yang kamu butuhkan sudah didapatkan.
  1. 7.         Periksa kembali kondisi kendaraan yang kamu gunakan, apakah masih laik jalan atau tidak. Meski kamu masih mampu untuk kembali membawa kendaraan tersebut, tapi akan lebih baik untuk tidak langsung berkendara sesaat setelah mengalami kecelakaan. Menghubungi pihak asuransi atau jasa derek/ angkut bisa menjadi pilihan terbaik.
  1. 8.         Cobalah untuk beristirahat sejenak sambil menenangkan diri. Minumlah air putih hingga kamu sudah agak membaik dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut untuk lebih berhati-hati saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Tips-tips tersebut bisa memungkinkan untuk dilakukan saat pengendara motor hanya mengalami kecelakaan ringan yang membuat lecet kecil dan memar saja.

Share

Artikel Terkait

Sinyal Tangan Saat Touring

Sinyal Tangan Saat TouringSekarang ini banyak klub sepeda motor yang melakukan perjalanan bersama atau biasa disebut touring. Mereka yang ikut perjalanan touring ini mengandalkan sinyal tangan untuk berkomunikasi antar peserta mulai dari pemimpin touring sampai peserta yang ada paling belakang.

READ MORE →

Cara Mengganti Hand Grip

Cara Mengganti Hand GripSetiap sepeda motor pasti dilengkapi hand grip yang memang sudah bawaan pabrik dan sesuai standar keamanan serta kenyamanan untuk kamu gunakan. Tapi tak sedikit orang yang mengganti hand grip sepeda motor mereka dengan hand grip baru yang sesuai dengan keinginannya. Untuk mengganti hand grip ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan penjual aksesoris sepeda motor, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri.

READ MORE →

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan JauhBukan hanya dipakai untuk perjalanan jarak dekat saja, sekarang ini motor juga banyak dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kendaraan apapun yang kamu gunakan untuk melakukan perjalan jarak jauh pastinya perlu diperiksa kondisinya biar kamu tidak mengalami masalah pada kendaraan saat di perjalanan tak terkecuali dengan sepeda motor.

READ MORE →

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl Band

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl BandJakarta, 18 Juni 2107 - Safety riding atau bekendara aman merupakan harga mati bagi Honda, bahkan pada pagelaran Jakarta Fair 2017 brand ambassador produk Honda BeAt, JKT 48 berikan kampanye terbaru #Cari_aman langsung dihadapan pengunjung booth Honda pada Sabtu (17/06).
Tidak hanya berika pertunjukan khas girl band, JKT 48 juga mengkampanyekan program safety riding Cari Aman. Pada sosialisasi di depan ratusan pengunjung booth Honda ini Jakarta 48 menghimbau tentang pentingnya menggunakan atribut yang aman sebelum mengendarai motor dijalan raya. Pakaian adalah hal yang terpenting dalam menciptakan kondisi aman saat berkendara yaitu menggunakan jaket dan helm.


READ MORE →

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan RamadhanJakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) beserta jaringan main dealernya menggelar Brotherfood Gathering dan Bikers Sholeh sekaligus mengajak sekitar 1.820 bikers yang tergabung dalam 78 klub New Honda Supra GTR 150 berbagi kebaikan. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini merupakan upaya AHM dan jaringan main dealernya untuk mempererat silaturahmi antar bikers sekaligus menebar kebaikan melalui berbagai kegiatan amal.

READ MORE →

Comments are closed.