MENU NAVIGASI

Hal yang Harus Segera Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Ringan di Motor

  by    0   228   0

Melaksanakan beberapa hal yang bisa membuat perjalanan kita tetap aman dan nyaman saat berkendara menggunakan sepeda motor memang sudah seharusnya dilakukan setiap orang sebelum memulai berkendara. Meskipun kita sudah mematuhi peraturan dan berkendara secara tertib, namun kecelakaan bisa menimpa siapa saja akibat beberapa kejadian yang diluar rencana. Saat pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan, ada hal hal yang harus segera dilakukan, yaitu seperti berikut ini:

  1. 1.         Amankan diri dari tempat kejadian. Jika kamu bisa, cobalah untuk mencari tempat yang lebih aman seperti di tepi jalan. Periksa apakah ada bahan bakar yang bocor pada motor dan periksa pula jika ada orang lain yang ikut mengalami kecelakaan.
  1. 2.         Cek kembali semua perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sepatu dan yang lainnya. Apakah ada kerusakan pada alat-alat tersebut. Sambil memeriksa bagian tubuh mana saja yang mengalami luka.
  1. 3.         Cobalah untuk tidak terlalu panik dengan cara mengatur cara bernafas. Saat kita merasa panik, biasanya akan lebih susah untuk berpikir dan bertindak secara jernih.
  1. 4.         Cobalah untuk mencari informasi mengenai pihak lain yang ikut terlibat dalam kecelakaan. Hal ini bisa sangat membantu jika kejadian ini akan diajukan pada pihak asuransi yang kamu miliki. Mintalah informasi yang lengkap mengenai data pihak yang ikut terlibat, jika itu bukanlah sebuah kecelakaan tunggal.
  1. 5.         Hubungi pihak kepolisian untuk membantu mencari jalan keluar jika kecelakaan yang kamu alami adalah sebuah kecelakaan yang melibatkan pihak pengendara lain.
  1. 6.         Tetaplah diam di tempat kejadian atau di sekitar temapt tersebut dan jangan pernah meninggalkan tempat kejadian sebelum pihak kepolisian tiba (jika kamu menghubunginya) atau saat semua informasi yang kamu butuhkan sudah didapatkan.
  1. 7.         Periksa kembali kondisi kendaraan yang kamu gunakan, apakah masih laik jalan atau tidak. Meski kamu masih mampu untuk kembali membawa kendaraan tersebut, tapi akan lebih baik untuk tidak langsung berkendara sesaat setelah mengalami kecelakaan. Menghubungi pihak asuransi atau jasa derek/ angkut bisa menjadi pilihan terbaik.
  1. 8.         Cobalah untuk beristirahat sejenak sambil menenangkan diri. Minumlah air putih hingga kamu sudah agak membaik dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut untuk lebih berhati-hati saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Tips-tips tersebut bisa memungkinkan untuk dilakukan saat pengendara motor hanya mengalami kecelakaan ringan yang membuat lecet kecil dan memar saja.

Share

Artikel Terkait

Jelang HUT 45, Wahana Hadirkan 45 Jajaran Kuliner Ternama

Jelang HUT 45, Wahana Hadirkan 45 Jajaran Kuliner TernamaJakarta, 24 Juli 2017 – Dalam rangka merayakan hari jadi Wahana Artha Group ke 45 yang jatuh pada 06 Agustus mendatang, Wahana ajak masyarakat ‘cicipi’ jajaran beragam kuliner telah lama menjadi ‘hits’ di Jakarta dan sekitarnya. Sebanyak 45 food stalls yang disediakan seluruhnya merupakan berbagai makanan yang terkenal di kalangan pecinta kuliner di Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan dengan tema ‘Karnaval Kuliner Wahana ‘berlangsung pada Sabtu (22/07) di arena Britama Mahaka Square Kelapa gading dipastikan mengajak pengunjung bernostalgia dengan beragam suguhan kuliner yang telah lama menjadi incaran masyarakat khususnya warga Jakarta, Tangerang bahkan hingga Bekasi. Sebut saja Soto Betawi Hj. Mamad BSD, atau soto khas padang Mangkuto Pasar Baru, atau segarnya Es Doger Blok S, pastinya akan langsung menggugah selera makan bagi yang mendengarnya.


READ MORE →

All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250cc

All New Honda CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250ccJakarta – All New Honda CBR250RR mengukuhkan posisinya sebagai Raja Motor Sport 250cc di Indonesia seiring keberhasilannya merebut hati pecinta motor sport pada semester I/2017 dengan angka penjualan 5.419 unit. Beragam aktivitas yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan main dealernya untuk motor sport terbaru ini seperti Premiere Touring, Nonton Bareng MotoGP, dan Track Day mengantarkan All New Honda CBR250RR diterima dengan antusias oleh penggemar motor sport di Tanah Air.
Kehadiran All New Honda CBR250RR sangat dinanti para pecinta motor sport. Kesempatan menjajal performa motor yang baru diluncurkan akhir tahun lalu ini direspon luar biasa oleh 2.677 orang dari 85 komunitas Honda CBR yang berpartisipasi dalam kegiatan Premiere Touring di 28 provinsi pada Maret – April 2017. Touring bersama berjarak lebih dari 100 km menjadi kesempatan langsung mencoba performa “Total Control” All New Honda CBR250RR. Peserta menikmati perjalanan dengan mengeksplorasi riding mode selection dan tenaga maksimal sebesar 27,1 kW (36,8 PS) / 12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 22,5 Nm (2.29 kgf.m) / 10.500 rpm berkat penyematan mesin generasi terbaru 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder.

READ MORE →

AHM Undang Enterpreneur Remaja Berkompetisi di AHMBS 2017

AHM Undang Enterpreneur Remaja Berkompetisi di AHMBS 2017Jakarta – Dalam rangka menyiapkan generasi muda Mandiri di bidang wirausaha, AHM memanggil 26 enterpreneur muda untuk berkompetisi dalam ajang apresiasi remaja berprestasi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2017 pada 25-28 Juli 2017. Remaja pilihan ini merupakan hasil seleksi dari 598 siswa cerdas dan kreatif tingkat SMA dari seluruh Indonesia yang sudah menjalankan bisnis di tengah masyarakat.

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS mengangkat tema “The Young Smart Enterpreneur”. Program ini merupakan kontribusi PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi Indonesia yang unggul dalam persaingan global dengan melahirkan generasi muda kreatif dan cerdas.

READ MORE →

AHM Luncurkan Pelumas AHM Oil Terbaru

AHM Luncurkan Pelumas AHM Oil TerbaruJakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan AHM Oil terbaru yang mampu melindungi mesin motor lebih lama dan menghemat bahan bakar. Pelumas terbaru ini dapat semakin menunjang kinerja mesin sesuai dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang semakin canggih.
AHM Oil terbaru dikembangkan dengan formula baru pelumas mesin API SL berstandarisasi Japan Automobile Standard Organization (JASO) MA dan MB dengan tingkat kekentalan 10W-30. Melalui formula terbaru ini, AHM Oil kini memiliki daya lumas lebih sempurna yang mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar, meningkatkan durabilitas mesin, menambah daya tahan terhadap temperatur tinggi, dan secara signifikan mengurangi tingkat penguapan oli. Beragam kelebihan AHM Oil ini turut berperan memproteksi mesin lebih lama.

READ MORE →

Jajaran Motor Premium dan Big Bike Honda Siap Ramaikan GIIAS 2017

Jajaran Motor Premium dan Big Bike Honda Siap Ramaikan GIIAS 2017Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan keikutsertaannya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Kehadiran ini diharapkan dapat mendekatkan jajaran motor premium Honda dan big bike Honda kepada pecintanya, sekaligus memberikan kesempatan lebih besar bagi masyarakat dalam memiliki motor premium dan big bike Honda.

Beragam pilihan sepeda motor yang disediakan untuk menemani beragam gaya hidup serta kesenangan berkendara masyarakat Tanah Air tersebut dapat dijumpai pengunjung pameran pada booth Honda - Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang selama 10 hingga 20 Agustus 2017.

READ MORE →

Comments are closed.