MENU NAVIGASI

Hal yang Harus Segera Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Ringan di Motor

  by    0   599   0

Melaksanakan beberapa hal yang bisa membuat perjalanan kita tetap aman dan nyaman saat berkendara menggunakan sepeda motor memang sudah seharusnya dilakukan setiap orang sebelum memulai berkendara. Meskipun kita sudah mematuhi peraturan dan berkendara secara tertib, namun kecelakaan bisa menimpa siapa saja akibat beberapa kejadian yang diluar rencana. Saat pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan, ada hal hal yang harus segera dilakukan, yaitu seperti berikut ini:

  1. 1.         Amankan diri dari tempat kejadian. Jika kamu bisa, cobalah untuk mencari tempat yang lebih aman seperti di tepi jalan. Periksa apakah ada bahan bakar yang bocor pada motor dan periksa pula jika ada orang lain yang ikut mengalami kecelakaan.
  1. 2.         Cek kembali semua perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sepatu dan yang lainnya. Apakah ada kerusakan pada alat-alat tersebut. Sambil memeriksa bagian tubuh mana saja yang mengalami luka.
  1. 3.         Cobalah untuk tidak terlalu panik dengan cara mengatur cara bernafas. Saat kita merasa panik, biasanya akan lebih susah untuk berpikir dan bertindak secara jernih.
  1. 4.         Cobalah untuk mencari informasi mengenai pihak lain yang ikut terlibat dalam kecelakaan. Hal ini bisa sangat membantu jika kejadian ini akan diajukan pada pihak asuransi yang kamu miliki. Mintalah informasi yang lengkap mengenai data pihak yang ikut terlibat, jika itu bukanlah sebuah kecelakaan tunggal.
  1. 5.         Hubungi pihak kepolisian untuk membantu mencari jalan keluar jika kecelakaan yang kamu alami adalah sebuah kecelakaan yang melibatkan pihak pengendara lain.
  1. 6.         Tetaplah diam di tempat kejadian atau di sekitar temapt tersebut dan jangan pernah meninggalkan tempat kejadian sebelum pihak kepolisian tiba (jika kamu menghubunginya) atau saat semua informasi yang kamu butuhkan sudah didapatkan.
  1. 7.         Periksa kembali kondisi kendaraan yang kamu gunakan, apakah masih laik jalan atau tidak. Meski kamu masih mampu untuk kembali membawa kendaraan tersebut, tapi akan lebih baik untuk tidak langsung berkendara sesaat setelah mengalami kecelakaan. Menghubungi pihak asuransi atau jasa derek/ angkut bisa menjadi pilihan terbaik.
  1. 8.         Cobalah untuk beristirahat sejenak sambil menenangkan diri. Minumlah air putih hingga kamu sudah agak membaik dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut untuk lebih berhati-hati saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Tips-tips tersebut bisa memungkinkan untuk dilakukan saat pengendara motor hanya mengalami kecelakaan ringan yang membuat lecet kecil dan memar saja.

Share

Artikel Terkait

All New Honda Vario Terbaru dengan Harga Kompetitif

All New Honda Vario Terbaru dengan Harga KompetitifAll New Honda Vario Terbaru dengan Harga KompetitifSkutik matic Honda sudah resmi dikeluarkan. PT AHM (Astra Honda motor) mengonfirmasi peluncuran 2 varian baru dari Honda matic Vario, yaitu All New Honda Vario 125 dan All New Honda Vario 150. Harga Vario Terbaru pun ditawarkan dengan kompetitif. Hadirnya dua varian matic terbaru ini usung tema kendaraan hemat bahan bakar. Tidak hanya hemat bahan […]

READ MORE →

Sepeda Motor Honda Beat Dibanderol dengan Harga Kompetitif

Sepeda Motor Honda Beat Dibanderol dengan Harga KompetitifKegiatan ngabuburit seperti apa yang menurut kalian paling asyik? Ngabuburit adalah menunggu waktu berbuka yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah jalan-jalan menikmati senja dengan mengendarai motor. Banyak yang suka menikmati senja sambil menunggu waktu berbuka. Ngabuburit seperti ini memang paling pas jika dilakukan dengan mengendarai motor yang tepat, yaitu matic. Honda motor […]

READ MORE →

4 Tips Menjadi Biker yang Budiman Saat Bulan Ramadan

4 Tips Menjadi Biker yang Budiman Saat Bulan RamadanBulan Ramadan menjadi kesempatan emas untuk melakukan kebaikan. Di bulan suci yang penuh berkah ini segala kebaikan kita akan dilipat gandakan pahalanya. Siapa pun dapat melakukan kebaikan dan kebaikan dapat dilakukan di mana saja. Jika kamu seorang pengendara motor atau biker, kamu dapat melakukan kebaikan di jalanan. Menjadi budiman di jalanan dapat dilakukan dengan banyak […]

READ MORE →

Mau Ngabuburit dengan Motor yang Aman? Ini Dia Caranya!

Mau Ngabuburit dengan Motor yang Aman? Ini Dia Caranya!Bulan Ramadan datang dengan membawa berkah yang luar biasa. Banyak aktivitas positif yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan, salah satunya adalah ngabuburit. Menunggu waktu berbuka atau biasa disebut dengan ngabuburit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berkendara sepeda motor. Ngabuburit menggunakan sepeda motor memang menyenangkan, salah satu kendaraan yang paling cocok adalah motor […]

READ MORE →

Ragam Kegiatan Bulan Ramadan Ala Bikers

Ragam Kegiatan Bulan Ramadan Ala BikersBanyak kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Bagi umat Islam sendiri, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Selama bulan Puasa juga dapat melakukan berbagai kegiatan positif untuk memberikan berkah ke semua umat. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan para biker biasanya berupa event yang terkait dengan kegiatan sosial maupun keagamaan. Kegiatan semacam ini telah banyak […]

READ MORE →

Comments are closed.