MENU NAVIGASI

Kenyamanan Berkendara Dimulai Dari Posisi Duduk yang Baik

  by    0   258   0

Pernahkan anda mengalami masalah saat berada diatas motor kesayangan seperti rasa sakit yang disebabkan oleh posisi duduk yang tidak benar? Jika iya, maka sebaiknya anda harus memeriksa kembali dan mengatur ulang posisi duduk diatas motor karena kenyamanan berkendara dimulai dari posisi duduk yang baik.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa sepeda motor dibuat secara masal dengan model yang sudah dirancang sedemikian rupa. Model sepeda motor tersebut tentunya sudah memperhatikan kenyamanan yang akan didapatkan oleh para penggunanya. Namun, bagi beberapa orang  yang memiliki posisi duduk yang kurang baik dengan motor pabrikan, tak ada salahnya untuk mengatur beberapa komponen agar menyesuaikan dengan kenyamanan yang kita butuhkan.

Idealnya, posisi duduk yang baik saat berada diatas motor adalah posis duduk yang  santai dan rileks. Duduk yang tegang akan membuat berkendara menjadi cepat capek. Usahakanlah untuk menitik beratkan tumpuan motor pada kedua tangan dan kaki saja agar selama berkendara tetap terasa nyaman.

Cari Posisi Yang Anda Butuhkan

Untuk mencari tahu posisi duduk yang baik bag anda, cobalah untuk duduk diatas sepeda motor dalam kondisi mesin mati. Pegang stang dan injak pedal menggunakan kedua kaki, lalu cari tahu bagian mana yang anda rasa kurang nyaman? Apakah stangnya terlalu panjang atau tinggi? Atau joknya yang kurang bersahabat sehingga membuat anda merasa cepat pegal saat berkendara? Jika masalahnya sudah ditemukan, cobalah untuk memperbaiki hal tersebut.

Bagian Mana yang Sakit?

Setelah menyetel ulang komponen dengan posisi yang anda inginkan, masihkah ada bagian tubuh yang terasa sakit atau tidak nyaman saat berada diatas motor? Dengan posisi  yang benar, seharusnya tangan dan kaki lah yang menjadi tumpuan selama berada diatas motor. Jika masih merasa sakit atau kurang nyaman dengan posisi yang sekarang, jangan ragu untuk merubah komponen pada motor dan menyesuaikannya dengan apa yang anda mau.

sumber gambar: megapro-probolinggo.com

Share

Artikel Terkait

Begini Perencanaan Touring yang Efektif

Begini Perencanaan Touring yang EfektifTouring atau bepergian jauh bersama pengendara lainnya sudah menjadi gaya hidup sebagian bikers. Bahkan ada klub atau komunitas sepeda motor yang sudah mengagendakan kegiatan touring ini di program kerjanya.

READ MORE →

Tips Pengereman

Tips PengeremanBanyak yang masih keliru tentang fungsi rem ini, rem dianggap sebagai alat untuk menghentikan laju kendaraan padahal rem dibuat untuk membantu memperlambat laju kendaraan kamu saat di jalan raya. Kekeliruan ini tak jarang jadi pemicu kecelakaan yang terjadi di jalan raya karena ban motor selip dan motor kamu tergelincir. Rem yang kamu tekan dalam-dalam saat motor melaju kencang ini bisa mengunci roda dan membahayakan diri kamu sendiri.

READ MORE →

Sinyal Tangan Saat Touring

Sinyal Tangan Saat TouringSekarang ini banyak klub sepeda motor yang melakukan perjalanan bersama atau biasa disebut touring. Mereka yang ikut perjalanan touring ini mengandalkan sinyal tangan untuk berkomunikasi antar peserta mulai dari pemimpin touring sampai peserta yang ada paling belakang.

READ MORE →

Cara Mengganti Hand Grip

Cara Mengganti Hand GripSetiap sepeda motor pasti dilengkapi hand grip yang memang sudah bawaan pabrik dan sesuai standar keamanan serta kenyamanan untuk kamu gunakan. Tapi tak sedikit orang yang mengganti hand grip sepeda motor mereka dengan hand grip baru yang sesuai dengan keinginannya. Untuk mengganti hand grip ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan penjual aksesoris sepeda motor, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri.

READ MORE →

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan JauhBukan hanya dipakai untuk perjalanan jarak dekat saja, sekarang ini motor juga banyak dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kendaraan apapun yang kamu gunakan untuk melakukan perjalan jarak jauh pastinya perlu diperiksa kondisinya biar kamu tidak mengalami masalah pada kendaraan saat di perjalanan tak terkecuali dengan sepeda motor.

READ MORE →

Comments are closed.