MENU NAVIGASI

Kesalahan Para Pemotor Pemula yang Harus Dihindari

  by    0   311   0

Untuk bisa berkendara menggunakan sepeda motor di jalanan, setidaknya kita harus sudah memilki kemampuan berkendara yang baik dan sudah mengantongi surat izin mengemudi. Tanpa kedua hal tersebut, besar kemungkinan si pengendara akan dihadapkan dengan resiko kecelakaan lalu lintas yang merugikan bukan hanya bagi dirinya sendiri melainkan bagi pengendara lain yang berada di dekatnya. Berikut ini merupakan kesalahan para pemotor pemula yang seharusnya dihindari oleh para pengguna motor:

  1. Ugal-Ugalan

Kegembiraan yang dirasakan para pengguna motor pemula biasanya diluapkan melalui gaya membawa motornya yang tidak disadari sangat membahayakan. Membawa motor dengan kecepatan yang tinggi dengan manuver yang berbahaya ini masih sering dilakukan karena tidak memperhatikan dampak dari ugal-ugalan tersebut.

  1. Tidak Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Saat berkendara menggunakan motor, maka wajib hukumnya menggunakan berbagai perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu boots dan berbagai perlengkapan lainnya. Tanpa menggunakan perlengkapan ini, sudah dapat dipastikan pengendara motor akan semakin beresiko mengalami luka yang parah jika terjadi kecelakaan.

  1. Melanggar Rambu Lalu Lintas

Entah karena kurangnya pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas atau karena alasan lain, pemotor baru seringkali tidak mengindahkan rambu lalu lintas yang ada di sekitarnya. Padahal rambu tersebut dibuat agar semua pengguna jalan raya bisa merasa nyaman dan juga aman selama berkendara. Atas alasan apapun, melanggar rambu lalu lintas tidak dibenarkan karena bisa membahayakan banyak orang.

  1. Tidak Memperhatikan Pengendara Lain

Harus selalu diingat bahwa pengguna jalan bukan hanya kita sendiri. Banyak pengguna jalan lain yang juga memilki hak yang sama ketika berada di jalan. Oleh karena itu, tetaplah untuk selalu waspada ketika berkendara dan tetap memperhatikan pengendara lain dengan cara mengemudi dengan bijak dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di dekat kita.

Share

Artikel Terkait

Begini Cara Merawat Sepatu Riding

Begini Cara Merawat Sepatu RidingSepatu riding jadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu pakai saat berkendara dengan sepeda motor. Kebanyakan sepatu riding yang dipakai ini berbahan kulit yang pastinya perlu perawatan ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu ridingmu.

READ MORE →

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy Merdeka

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy MerdekaJakarta – Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, 1800 bikers Honda menggelar turing ke tempat bersejarah dan silaturahmi antar komunitas dengan tajuk “Convoy Merdeka.” Kebersamaan antar bikers Honda yang tergabung dalam 54 komunitas All new CB150R StreetFire dan paguyuban komunitas sepeda motor Honda yang tersebar di Tanah Air ini menjadi ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Mengusung tema bertajuk “Bikers Bhineka Tunggal Ika”, convoy kemerdekaan ini dilakukan dengan mengelilingi kota dan menuju lokasi bersejarah atau taman makam pahlawan menggunakan atribut berwarna merah putih. Acara ini didukung penuh PT Astra honda Motor (AHM) beserta dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda untuk mewadahi solidnya kebersamaan bikers Honda di seluruh Indonesia.

READ MORE →

Cara Membersihkan Kaca Helm

Cara Membersihkan Kaca HelmSemua orang wajib menggunakan helm saat mengendarai motor. Selain untuk keamanan, helm juga dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. Salah satu bagian helm yang penting selain tali dan busa adalah kaca helm. Kaca merupakan komponen yang menjadi pelindung dari terpaan kotoran, debu, air hujan, dan paparan sinar matahari.
Pada kaca, rata-rata terdapat dua masalah. Pertama, debu atau kotoran pada kaca helm. Kedua, goresan di kaca. Kedua masalah tersebut dapat mempengaruhi daya tahan kepala dan mata saat mengemudi. Untuk mencegah kedua masalah tersebut, ada beberapa cara dalam membersihkan kaca helm.


READ MORE →

Membersihkan Helm dengan Removable Liner

removeableliner_featureSebagai pengendara motor, perlengkapan yang harus digunakan pastinya helm. Bagi kamu yang sering bepergian, tentunya kondisi helm lama kelamaan akan menjadi kotor, dan bisa jadi bagian dalam akan tercium bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencuci helm kamu sendiri! Jika kamu memiliki helm dengan liner yang dapat dilepasm tentunya akan lebih mudah karena semua bagian helm akan bersih, selain itu kamu dapat membersihkan cangkang helm secara terpisah.

READ MORE →

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada Helm

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada HelmPernah nggak kamu mendapati helm bau dan lembab? Bau tidak sedap sangat mungkin terjadi kalau kamu tidak rajin merawat dan membersihkannya. Helm yang bau dan lembab akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat kamu menggunakannya, bahkan baunya dapat menempel ke rambut kamu lho!
Agar tidak mudah bau, kamu bisa simak apa yang harus dan jangan dilakukan pada helm kamu di bawah ini.


READ MORE →

Comments are closed.