MENU NAVIGASI

Miliki 647 SMK Binaan, AHM Lanjutkan Penguatan Pendidikan Vokasi Industri

  by    0   243   0

Semarang – PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan penguatan pendidikan vokasi industri melalui kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri. Kerjasama pembinaan SMK kali ini membidik SMK wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Berbekal pembinaan AHM terhadap 647 SMK di 30 Provinsi melalui implementasi program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda, Kemenperin menggandeng AHM untuk bersama-sama meningkatkan sumber daya manusia terampil melalui pendidikan kejuruan dan vokasi yang kuat di Tanah Air. Sejak tahun lalu, AHM bersama Kemenperin mengembangkan SMK Pilot Project di berbagai provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan kini memasuki provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Bentuk kepercayaan pemerintah kepada AHM ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara AHM sebagai pelaku industri dengan 15 SMK wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian di Semarang, Jawa Tengah (21/04) yang disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam acara ini AHM juga memberikan bantuan berupa 1 (satu) unit sepeda motor dan special tools kepada 15 SMK yang akan menjadi sekolah Mitra binaan AHM. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Engineering, Production, and Procurement AHM David Budiono kepada salah satu SMK perwakilan yang baru saja menjadi sekolah binaan AHM.

Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pengembangan SMK berbasis kompetensi oleh Kemenperin bersama industri dan Kementerian terkait ini merupakan kelanjutan dari implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi SMK yang sebelumnya sudah dimulai oleh Kemenperin pada tahun lalu.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia melalui penerapan Kurikulum TSM Astra Honda di SMK yang tahun ini sudah memasuki tahun ketujuh. Kami yakin jika dikelola dengan baik, SMK akan mampu melahirkan generasi muda terampil yang dibutuhkan industri.”

Saat ini, implementasi KTSM Astra Honda sudah dijalankan di 647 SMK yang tersebar di 30 Provinsi di Indonesia. Sebagai upaya mendorong kompetensi SMK binaannya, AHM juga mengembangkan konsep SMK sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang berwenang mengukur dan memvalidasi kompetensi siswa sebelum mereka memasuki dunia industri. Saat ini tercatat ada 56 SMK yang telah menjadi SMK TUK KTSM Astra Honda.

Dalam mengimplementasikan KTSM Astra Honda di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, AHM berkerjasama dengan Main Dealer Honda Jawa Tengah Astra Motor Semarang dan Main Dealer Honda Yogyakarta Astra Motor Yogyakarta. Saat ini total SMK Binaan Honda di Jawa Tengah sudah mencapai 82 SMK yang tersebar dsi 34 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Sementara itu, untuk wilayah DI Yogyakarta total SMK Binaan Honda mencapai 14 SMK yang sudah tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di DI Yogyakarta.
Jakarta, 21 April 2017

Share

Artikel Terkait

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda MotorJenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana?

READ MORE →

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

5 Tips Bikin Motor Matik AwetSaat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur.

READ MORE →

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram Panas

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram PanasRem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.
Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.


READ MORE →

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?Perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga keselamatan diri kamu, tapi juga bisa menjaga keselamatan pengendara lain. Saat ini jumlah pengendara sepeda motor yang ada di jalan raya semakin banyak, hal ini berdampak sama meningkatnya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor.
Kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya adalah antara sepeda motor dengan sepeda motor. Hal ini terjadi karena pengendara hilang fokus atau tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Saat sepeda motor bertabrakan dengan kendaraan lain sampai sepeda motor jatuh menyentuh aspal, biasanya mesin sepeda motor akan langsung mati.


READ MORE →

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di Ban

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di BanBiasanya saat kamu melakukan penggantian dari ban biasa jadi ban tubeless, petugas bengkel akan menawarkan untuk mnggunakan cairan anti boco. Mereka mengatakan kalau cairan anti bocor ini bisa membantu menutup lubang atau bocor di ban kamu secara otomatis. Walaupun terdengar sangat menjanjikan, tapi ternyata cairan anti bocor ini ditengarain juga punya efek buruk untuk ban motor kamu

READ MORE →

Comments are closed.