MENU NAVIGASI

Miliki 647 SMK Binaan, AHM Lanjutkan Penguatan Pendidikan Vokasi Industri

  by    0   153   0

Semarang – PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan penguatan pendidikan vokasi industri melalui kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri. Kerjasama pembinaan SMK kali ini membidik SMK wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Berbekal pembinaan AHM terhadap 647 SMK di 30 Provinsi melalui implementasi program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda, Kemenperin menggandeng AHM untuk bersama-sama meningkatkan sumber daya manusia terampil melalui pendidikan kejuruan dan vokasi yang kuat di Tanah Air. Sejak tahun lalu, AHM bersama Kemenperin mengembangkan SMK Pilot Project di berbagai provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan kini memasuki provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Bentuk kepercayaan pemerintah kepada AHM ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara AHM sebagai pelaku industri dengan 15 SMK wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian di Semarang, Jawa Tengah (21/04) yang disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam acara ini AHM juga memberikan bantuan berupa 1 (satu) unit sepeda motor dan special tools kepada 15 SMK yang akan menjadi sekolah Mitra binaan AHM. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Engineering, Production, and Procurement AHM David Budiono kepada salah satu SMK perwakilan yang baru saja menjadi sekolah binaan AHM.

Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pengembangan SMK berbasis kompetensi oleh Kemenperin bersama industri dan Kementerian terkait ini merupakan kelanjutan dari implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi SMK yang sebelumnya sudah dimulai oleh Kemenperin pada tahun lalu.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia melalui penerapan Kurikulum TSM Astra Honda di SMK yang tahun ini sudah memasuki tahun ketujuh. Kami yakin jika dikelola dengan baik, SMK akan mampu melahirkan generasi muda terampil yang dibutuhkan industri.”

Saat ini, implementasi KTSM Astra Honda sudah dijalankan di 647 SMK yang tersebar di 30 Provinsi di Indonesia. Sebagai upaya mendorong kompetensi SMK binaannya, AHM juga mengembangkan konsep SMK sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang berwenang mengukur dan memvalidasi kompetensi siswa sebelum mereka memasuki dunia industri. Saat ini tercatat ada 56 SMK yang telah menjadi SMK TUK KTSM Astra Honda.

Dalam mengimplementasikan KTSM Astra Honda di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, AHM berkerjasama dengan Main Dealer Honda Jawa Tengah Astra Motor Semarang dan Main Dealer Honda Yogyakarta Astra Motor Yogyakarta. Saat ini total SMK Binaan Honda di Jawa Tengah sudah mencapai 82 SMK yang tersebar dsi 34 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Sementara itu, untuk wilayah DI Yogyakarta total SMK Binaan Honda mencapai 14 SMK yang sudah tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di DI Yogyakarta.
Jakarta, 21 April 2017

Share

Artikel Terkait

Begini Cara Merawat Sepatu Riding

Begini Cara Merawat Sepatu RidingSepatu riding jadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu pakai saat berkendara dengan sepeda motor. Kebanyakan sepatu riding yang dipakai ini berbahan kulit yang pastinya perlu perawatan ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu ridingmu.

READ MORE →

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy Merdeka

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy MerdekaJakarta – Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, 1800 bikers Honda menggelar turing ke tempat bersejarah dan silaturahmi antar komunitas dengan tajuk “Convoy Merdeka.” Kebersamaan antar bikers Honda yang tergabung dalam 54 komunitas All new CB150R StreetFire dan paguyuban komunitas sepeda motor Honda yang tersebar di Tanah Air ini menjadi ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Mengusung tema bertajuk “Bikers Bhineka Tunggal Ika”, convoy kemerdekaan ini dilakukan dengan mengelilingi kota dan menuju lokasi bersejarah atau taman makam pahlawan menggunakan atribut berwarna merah putih. Acara ini didukung penuh PT Astra honda Motor (AHM) beserta dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda untuk mewadahi solidnya kebersamaan bikers Honda di seluruh Indonesia.

READ MORE →

Cara Membersihkan Kaca Helm

Cara Membersihkan Kaca HelmSemua orang wajib menggunakan helm saat mengendarai motor. Selain untuk keamanan, helm juga dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. Salah satu bagian helm yang penting selain tali dan busa adalah kaca helm. Kaca merupakan komponen yang menjadi pelindung dari terpaan kotoran, debu, air hujan, dan paparan sinar matahari.
Pada kaca, rata-rata terdapat dua masalah. Pertama, debu atau kotoran pada kaca helm. Kedua, goresan di kaca. Kedua masalah tersebut dapat mempengaruhi daya tahan kepala dan mata saat mengemudi. Untuk mencegah kedua masalah tersebut, ada beberapa cara dalam membersihkan kaca helm.


READ MORE →

Membersihkan Helm dengan Removable Liner

removeableliner_featureSebagai pengendara motor, perlengkapan yang harus digunakan pastinya helm. Bagi kamu yang sering bepergian, tentunya kondisi helm lama kelamaan akan menjadi kotor, dan bisa jadi bagian dalam akan tercium bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencuci helm kamu sendiri! Jika kamu memiliki helm dengan liner yang dapat dilepasm tentunya akan lebih mudah karena semua bagian helm akan bersih, selain itu kamu dapat membersihkan cangkang helm secara terpisah.

READ MORE →

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada Helm

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada HelmPernah nggak kamu mendapati helm bau dan lembab? Bau tidak sedap sangat mungkin terjadi kalau kamu tidak rajin merawat dan membersihkannya. Helm yang bau dan lembab akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat kamu menggunakannya, bahkan baunya dapat menempel ke rambut kamu lho!
Agar tidak mudah bau, kamu bisa simak apa yang harus dan jangan dilakukan pada helm kamu di bawah ini.


READ MORE →

Comments are closed.