MENU NAVIGASI

Motor Terkena Banjir? Yuk Lakukan Hal Ini

  by    0   120   0

Cuaca yang enggak bisa diprediksi ini terkadang panas dan enggak jarang hujan deras sampai meninggalkan genangan yang cukup tinggi. Genangan yang tinggi atau biasa disebut banjir ini pasti menganggu aktivitas kamu karena ruang gerak jadi lebih terbatas terlebih buat pengendara roda dua. Selain kondisi jalan yang enggak terlihat, genangan banjir juga bisa membuat kerusakan di motor kamu karena air banjir biasanya adalah air kotor yang banyak mengandung lumpur. Enggak sedikit juga motor yang mogok karena menerobos genangan banjir yang cukup tinggi, lalu apa yang harus kamu lakukan setelah motor kamu terkena banjir? Biar enggak rusak, yuk lakukan hal berikut ini:

  • Setelah melewati banjir dan sampai tempat tujuan, sebaiknya kamu segera membersihkan motor. Miringkan posisi motor untuk menurunkan lumpur yang menempel di motor kamu, cuci motor kamu dengan menggunakan air yang punya tekanan tinggi jadi bisa membersihkan sisa lumpur yang menempel di motor kamu, cuci motor kamu pakai sabun untuk menghilangkan lumpur dan menghindari karat.
  • Setelah motor selesai di cuci, kamu juga perlu memeriksa dan membersihkan bantalan rem depan dan belakang. Jangan sampai lumpur yang ada di genangan banjir itu membuat rem enggak berfungsi maksimal dan bisa berbahaya untuk kamu.
  • Busi motor juga perlu kamu bersihkan, genangan banjir yang ada lumpurnya bisa bikin busi enggak bekerja secara maksimal.
  • Setelah motor kamu keringkan, posisikan motor pada standar dua. Panaskan motor dengan menggunakan kick starter bukan electric strater.

Membersihkan motor kesayangan kamu setelah terkena genangan banjir ini penting sekali, karena motor yang terkena air kotor tapi tidak langsung dibersihkan sangat berpotensi merusak body bahkan mesim motor kamu. Biar performa motor dan tampilan motor kamu tetap keren, enggak ada salahnya kamu selalu bersihkan motor kamu setelah terkena genangan banjir.


Artikel Terkait

Comments are closed.