MENU NAVIGASI

Perhatikan Hal Ini Saat Membonceng Anak Kecil

  by    0   252   0

Mengajak anak kecil untuk ikut berkendara menggunakan sepeda motor memang bukan merupakan hal yang baik. Terlalu banyak risiko yang membahayakan baik bagi si pengendara maupun bagi anak itu sendiri. Namun jika dihadapkan pada situasi yang mengharuskan anda berkendara dan membonceng anak kecil, mau tidak mau hal ini harus disiasati dengan memperhatikan keselamatannya. Sebelum anda memutuskan untuk berboncengan membawa anak kecil, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

Beri tahu anak agar tetap fokus saat dibonceng

Bagi anak kecil, ikut berkendara bersama orang tuanya merupakan hal yang menyenangkan tanpa memikirkan risiko kecelakaan ataupun hal lainnya. Oleh karena itu, tugas kita sebagai para orang tua untuk memberi tahu sedikit hal yang harus dan tidak seharusnya dilakukan oleh anak. Beritahu untuk tetap fokus, berpegangan dan tidak mengantuk saat sedang berada diatas motor agar tetap selamat selama di perjalanan.

Berikan perlengkapan keselamatan yang baik

Perlengkapan keselamatan bukan hanya untuk pengendaranya saja, terlebih saat sedang membonceng anak kecil, si anak juga harus menggunakan peralatan keselamatan. Cobalah untuk mencari peralatan keselamatan seperti helm khusus anak, jaket kulit, sepatu hingga satung tangan yang memang dibuat kusus untuk anak. Pilihlah bahan yang aman dengan ukuran yang pas dengan tubuh si anak agar jika suatu saat terjadi kecelakaan, tubuh si anak masih terbantu oleh peralatan keselamatan tersebut.

Selalu tempatkan anak di belakang

Menempatkan anak kecil di depan anda saat berboncengan menggunakan motor adalah pilihan yang kurang  tepat. Anak kecil dengan rasa keingintahuan yang  tinggi bisa sangat mengganggu pengendara jika dtempatkan di bagian depan. Entah itu mereka memainkan tombol-tombol yang berada di bagian depan, hingga mengganggu konsentrasi si pengendara yang bisa memicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, tempatkanlah anak kecil di bagian belakang dengan memberikan pengarahan terlebih dahulu untuk tetap fokus, berpegangan dan tidak tertidur selama anda bonceng.

Share

Artikel Terkait

Begini Cara Merawat Sepatu Riding

Begini Cara Merawat Sepatu RidingSepatu riding jadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu pakai saat berkendara dengan sepeda motor. Kebanyakan sepatu riding yang dipakai ini berbahan kulit yang pastinya perlu perawatan ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu ridingmu.

READ MORE →

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy Merdeka

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy MerdekaJakarta – Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, 1800 bikers Honda menggelar turing ke tempat bersejarah dan silaturahmi antar komunitas dengan tajuk “Convoy Merdeka.” Kebersamaan antar bikers Honda yang tergabung dalam 54 komunitas All new CB150R StreetFire dan paguyuban komunitas sepeda motor Honda yang tersebar di Tanah Air ini menjadi ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Mengusung tema bertajuk “Bikers Bhineka Tunggal Ika”, convoy kemerdekaan ini dilakukan dengan mengelilingi kota dan menuju lokasi bersejarah atau taman makam pahlawan menggunakan atribut berwarna merah putih. Acara ini didukung penuh PT Astra honda Motor (AHM) beserta dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda untuk mewadahi solidnya kebersamaan bikers Honda di seluruh Indonesia.

READ MORE →

Cara Membersihkan Kaca Helm

Cara Membersihkan Kaca HelmSemua orang wajib menggunakan helm saat mengendarai motor. Selain untuk keamanan, helm juga dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. Salah satu bagian helm yang penting selain tali dan busa adalah kaca helm. Kaca merupakan komponen yang menjadi pelindung dari terpaan kotoran, debu, air hujan, dan paparan sinar matahari.
Pada kaca, rata-rata terdapat dua masalah. Pertama, debu atau kotoran pada kaca helm. Kedua, goresan di kaca. Kedua masalah tersebut dapat mempengaruhi daya tahan kepala dan mata saat mengemudi. Untuk mencegah kedua masalah tersebut, ada beberapa cara dalam membersihkan kaca helm.


READ MORE →

Membersihkan Helm dengan Removable Liner

removeableliner_featureSebagai pengendara motor, perlengkapan yang harus digunakan pastinya helm. Bagi kamu yang sering bepergian, tentunya kondisi helm lama kelamaan akan menjadi kotor, dan bisa jadi bagian dalam akan tercium bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencuci helm kamu sendiri! Jika kamu memiliki helm dengan liner yang dapat dilepasm tentunya akan lebih mudah karena semua bagian helm akan bersih, selain itu kamu dapat membersihkan cangkang helm secara terpisah.

READ MORE →

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada Helm

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada HelmPernah nggak kamu mendapati helm bau dan lembab? Bau tidak sedap sangat mungkin terjadi kalau kamu tidak rajin merawat dan membersihkannya. Helm yang bau dan lembab akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat kamu menggunakannya, bahkan baunya dapat menempel ke rambut kamu lho!
Agar tidak mudah bau, kamu bisa simak apa yang harus dan jangan dilakukan pada helm kamu di bawah ini.


READ MORE →

Comments are closed.