MENU NAVIGASI

Perhatikan Hal Ini Saat Membonceng Anak Kecil

  by    0   371   0

Mengajak anak kecil untuk ikut berkendara menggunakan sepeda motor memang bukan merupakan hal yang baik. Terlalu banyak risiko yang membahayakan baik bagi si pengendara maupun bagi anak itu sendiri. Namun jika dihadapkan pada situasi yang mengharuskan anda berkendara dan membonceng anak kecil, mau tidak mau hal ini harus disiasati dengan memperhatikan keselamatannya. Sebelum anda memutuskan untuk berboncengan membawa anak kecil, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

Beri tahu anak agar tetap fokus saat dibonceng

Bagi anak kecil, ikut berkendara bersama orang tuanya merupakan hal yang menyenangkan tanpa memikirkan risiko kecelakaan ataupun hal lainnya. Oleh karena itu, tugas kita sebagai para orang tua untuk memberi tahu sedikit hal yang harus dan tidak seharusnya dilakukan oleh anak. Beritahu untuk tetap fokus, berpegangan dan tidak mengantuk saat sedang berada diatas motor agar tetap selamat selama di perjalanan.

Berikan perlengkapan keselamatan yang baik

Perlengkapan keselamatan bukan hanya untuk pengendaranya saja, terlebih saat sedang membonceng anak kecil, si anak juga harus menggunakan peralatan keselamatan. Cobalah untuk mencari peralatan keselamatan seperti helm khusus anak, jaket kulit, sepatu hingga satung tangan yang memang dibuat kusus untuk anak. Pilihlah bahan yang aman dengan ukuran yang pas dengan tubuh si anak agar jika suatu saat terjadi kecelakaan, tubuh si anak masih terbantu oleh peralatan keselamatan tersebut.

Selalu tempatkan anak di belakang

Menempatkan anak kecil di depan anda saat berboncengan menggunakan motor adalah pilihan yang kurang  tepat. Anak kecil dengan rasa keingintahuan yang  tinggi bisa sangat mengganggu pengendara jika dtempatkan di bagian depan. Entah itu mereka memainkan tombol-tombol yang berada di bagian depan, hingga mengganggu konsentrasi si pengendara yang bisa memicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, tempatkanlah anak kecil di bagian belakang dengan memberikan pengarahan terlebih dahulu untuk tetap fokus, berpegangan dan tidak tertidur selama anda bonceng.

Share

Artikel Terkait

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda MotorJenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana?

READ MORE →

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

5 Tips Bikin Motor Matik AwetSaat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur.

READ MORE →

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram Panas

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram PanasRem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.
Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.


READ MORE →

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?Perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga keselamatan diri kamu, tapi juga bisa menjaga keselamatan pengendara lain. Saat ini jumlah pengendara sepeda motor yang ada di jalan raya semakin banyak, hal ini berdampak sama meningkatnya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor.
Kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya adalah antara sepeda motor dengan sepeda motor. Hal ini terjadi karena pengendara hilang fokus atau tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Saat sepeda motor bertabrakan dengan kendaraan lain sampai sepeda motor jatuh menyentuh aspal, biasanya mesin sepeda motor akan langsung mati.


READ MORE →

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di Ban

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di BanBiasanya saat kamu melakukan penggantian dari ban biasa jadi ban tubeless, petugas bengkel akan menawarkan untuk mnggunakan cairan anti boco. Mereka mengatakan kalau cairan anti bocor ini bisa membantu menutup lubang atau bocor di ban kamu secara otomatis. Walaupun terdengar sangat menjanjikan, tapi ternyata cairan anti bocor ini ditengarain juga punya efek buruk untuk ban motor kamu

READ MORE →

Comments are closed.