MENU NAVIGASI

Tips Mengendarai Motor Bagi Bikers yang Kurang Tinggi

  by    0   570   0

Bagi beberapa orang yang memiliki ukuran tinggi badan yang kurang, berkendara menggunakan sepeda motor terutama jika motor yang dikendarainya memiliki ketinggian yang lumayan bisa menjadi sebuah hal yang cukup merepotkan. Hal ini tentu saja harus disiasati dengan baik karena jika tidak akan menimbulkan kecelakaan ketika berkendara dan sangat merugikan si pengendara.

Beberapa tips berikut ini bisa dilakukan bagi para pengendara sepeda motor yang memilki tinggi badan yang kurang agar tetap bisa berkendara dengan baik tanpa harus merubah ketinggian motor:

  1. Berlatihlah untuk tidak terlalu sering meletakan kedua kaki diatas tanah

Kesulitan paling utama bagi pengendara motor dengan tinggi badan yang kurang adalah kesulitan untuk menginjakan kaki diatas tanah saat sedang berhenti diatas motornya. Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara sering melatih untuk tidak sering meletakan kaki diatas tanah saat sedang berkendara. Sesekali, cobalah untuk membiasakan menggunakan satu buah kaki saja saat berhenti menggunakan motor, hal ini bisa membuat pengendara lebih stabil menahan berat motor.

  1. Perhatikan lokasi sebelum memarkir motor

Sebelum memarkir motor, perhatkanlah terlebih dahulu apakah lokasi tersebut memungkinkan untuk memarkir motormu. Apakah kuat atau tidak jika motor distandarkan, jika permukaannya berupa tanah atau bukan tembok yang kuat, motor tidak akan terjaga dengan baik. Selain itu, perhatikan pula apakah lokasi tersebut memungkinkan untuk anda bisa memutarkan motor. Hal hal seperti ini sangat penting karena jika tidak memungkinkan, anda sendiri yang akan kesulitan saat hendak kembali berkendara.

  1. Jangan ragu untuk mendorong saat berhenti

Jika kedua kaki anda belum bisa menginjak dengan baik saat berada di atas motor dan hendak memarkirkan atau sekedar memundurkan motor, jangan ragu untuk turun dari motor dan mendorongnya. Beban motor yang anda bawa tidak ringan, oleh karena itu cobalah untuk berdiri di samping motor. Berada di sebelah kiri motor dan memegang stang dengan dua tangan serta sedikit menyenderkan motor pada pinggul sebelah kanan anda.

  1. Bersandarlah ke sebelah kiri saat berhenti

Saat berhenti sejenak seperti berada di persimpangan lampu merah, cobalah untuk menyandarkan tubuh dan motor anda ke sebelah kiri. Hal ini karena kaki kanan anda harus tetap berada pada pedal rem belakang agar motor bisa berhenti dengan baik.

  1. Perhatikan di mana Anda berhenti.

Agar tidak mengalami kecelakaan saat berkendara, tetaplah waspada dan perhatikan dimana anda berhenti. Jangan berhenti secara mendadak dan berghenti di tempat yang memungkinkan terjadi kecelakaan seperti keluar dari jalur dan berhenti di depan garis lampu merah karena akan membahayakan keselamatan anda sendiri dan orang lain.

Share

Artikel Terkait

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda MotorJenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana?

READ MORE →

5 Tips Bikin Motor Matik Awet

5 Tips Bikin Motor Matik AwetSaat ini sepeda motor dengan jenis matik banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman dikendarai di jalan raya terlebih dalam kondisi jalanan yang macet. Segala sesuatu yang sering dipakai memang butuh perawatan, tak terkecuali motor matikmu. Perawatan motor matik ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor kamu agar tetap prima dan motor matik lebih panjang umur.

READ MORE →

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram Panas

Ini Akibat Menyiram Air di Cakram PanasRem jadi salah satu bagian yang penting dalam satu rangkaian sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan kamu. Bayangkan saja kalau tidak ada rem, sepeda motor kamu pasti sulit untuk dikendalikan saat berada di jalan raya.
Saat ini rem cakram banyak digunakan di sepeda motor lantaran dianggap lebih unggul dari rem tromol karena pengeremannya bisa lebih maksimal. Selain itu, rem cakram juga lebih cepat dingin dibanding rem tromol. Rem cakram ditaruh di bagian depan karena tumpuan sepeda motor biasanya lebih besar di bagian depan.


READ MORE →

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?

Kenapa Mesin Motor Mati saat Terjatuh?Perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga keselamatan diri kamu, tapi juga bisa menjaga keselamatan pengendara lain. Saat ini jumlah pengendara sepeda motor yang ada di jalan raya semakin banyak, hal ini berdampak sama meningkatnya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor.
Kecelakaan yang paling sering terjadi di jalan raya adalah antara sepeda motor dengan sepeda motor. Hal ini terjadi karena pengendara hilang fokus atau tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Saat sepeda motor bertabrakan dengan kendaraan lain sampai sepeda motor jatuh menyentuh aspal, biasanya mesin sepeda motor akan langsung mati.


READ MORE →

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di Ban

Inilah Efek Buruk Penggunaan Cairan Anti Bocor di BanBiasanya saat kamu melakukan penggantian dari ban biasa jadi ban tubeless, petugas bengkel akan menawarkan untuk mnggunakan cairan anti boco. Mereka mengatakan kalau cairan anti bocor ini bisa membantu menutup lubang atau bocor di ban kamu secara otomatis. Walaupun terdengar sangat menjanjikan, tapi ternyata cairan anti bocor ini ditengarain juga punya efek buruk untuk ban motor kamu

READ MORE →

Comments are closed.