MENU NAVIGASI

Tutup Tahun 2016, AHM Perkuat Kepemimpinan di Segmen Sport

  by    0   139   0

Jakarta– Menutup tahun 2016, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif penjualan segmen sepeda motor sport dengan kenaikan sebesar 23,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Jajaran motor sport Honda tahun lalu terjual 318.000 sementara tahun sebelumnya hanya 257.179 unit.

Pencapaian tersebut semakin memperkuat kepemimpinan AHM di segmen sport dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 49,4% atau naik 14,8% dibandingkan pangsa pasar di segmen sport tahun 2015 yang hanya 34,6%. All New Honda CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar pada pencapaian di segment sport Honda dengan total penjualan sebanyak 152.263  unit, diikuti oleh Honda CBR series sebanyak 90.252 unit, Honda Verza 71.231 unit, dan Honda Megapro 4.018 unit. Sementara itu, big bike sport Honda terjual sebanyak 236 unit.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit atau terkoreksi 8,5% dibandingkan total penjualan tahun 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit. Di tengah kondisi pasar yang sedang tertekan, AHM menyumbang penjualan sepeda motor sebanyak 4.380.888 unit atau sedikit mengalami penurunan 1,6% dibandingkan tahun 2015 yang sebanyak 4.453.888 unit. Meski sedikit terkoreksi, secara penguasaan pangsa pasar AHM berhasil tumbuh 5,1% dengan total market share sebesar 73,9 % sepanjang tahun 2016 terhadap penjualan sepeda motor di Tanah Air.

General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan di tengah beragam kondisi perekonomian sepanjang tahun 2016.

“Kondisi perokonomian di Tanah Air cukup sulit pada 2016. Namun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadal produk sepeda motor Honda justru semakin besar, terutama di segmen motor sport. Hal ini mengantarkan kami memperkuat penetrasi di seluruh segmen pasar roda dua di Tanah Air. Kami berharap dukungan positif ini akan terus berlanjut pada tahun ini dengan beragam produk dan layanan terbaik yang akan kami hadirkan.”

Kontribusi skutik

Sepanjang tahun lalu, penopang penjualan sepeda motor Honda masih berasal dari segmen skutik yang memberikan kontribusi sebesar 83,6% terhadap penjualan sepeda motor Honda melalui penjualan sebesar 3.661.284 unit. Melalui penjualan ini, AHM memimpin segmen skutik nasional dengan 78,1% pangsa pasar. Pada segmen ini, Honda BeAT eSP series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 1.814.600 unit, diikuti oleh Honda Vario eSP series 1.306.600 unit, Honda Scoopy eSP 528.622 unit, Honda Spacy 6.170 unit, dan Honda PCX 5.292 unit. Adapun big bike skutik Honda NM4 Vultus terjual sebanyak 3 unit.

Sementara itu, di segmen bebek, sepeda motor Honda tetap menjadi pilihan favorit pecinta motor bebek di Tanah Air dengan perolehan pangsa pasar 67%. Segmen ini memberikan kontribusi sebesar 9% atau 401.601 unit terhadap penjualan Honda. Kontribusi terbesar penjualan disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan angka penjualan 184.302 unit, diikuti oleh Honda Revo series 159.465 unit, New Honda Sonic 150R 37.695 unit, dan Honda Blade sebanyak 20.139 unit.

Share

Artikel Terkait

Sinyal Tangan Saat Touring

Sinyal Tangan Saat TouringSekarang ini banyak klub sepeda motor yang melakukan perjalanan bersama atau biasa disebut touring. Mereka yang ikut perjalanan touring ini mengandalkan sinyal tangan untuk berkomunikasi antar peserta mulai dari pemimpin touring sampai peserta yang ada paling belakang.

READ MORE →

Cara Mengganti Hand Grip

Cara Mengganti Hand GripSetiap sepeda motor pasti dilengkapi hand grip yang memang sudah bawaan pabrik dan sesuai standar keamanan serta kenyamanan untuk kamu gunakan. Tapi tak sedikit orang yang mengganti hand grip sepeda motor mereka dengan hand grip baru yang sesuai dengan keinginannya. Untuk mengganti hand grip ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan penjual aksesoris sepeda motor, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri.

READ MORE →

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan JauhBukan hanya dipakai untuk perjalanan jarak dekat saja, sekarang ini motor juga banyak dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kendaraan apapun yang kamu gunakan untuk melakukan perjalan jarak jauh pastinya perlu diperiksa kondisinya biar kamu tidak mengalami masalah pada kendaraan saat di perjalanan tak terkecuali dengan sepeda motor.

READ MORE →

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl Band

Sosialisasi Safety Riding Ala Girl BandJakarta, 18 Juni 2107 - Safety riding atau bekendara aman merupakan harga mati bagi Honda, bahkan pada pagelaran Jakarta Fair 2017 brand ambassador produk Honda BeAt, JKT 48 berikan kampanye terbaru #Cari_aman langsung dihadapan pengunjung booth Honda pada Sabtu (17/06).
Tidak hanya berika pertunjukan khas girl band, JKT 48 juga mengkampanyekan program safety riding Cari Aman. Pada sosialisasi di depan ratusan pengunjung booth Honda ini Jakarta 48 menghimbau tentang pentingnya menggunakan atribut yang aman sebelum mengendarai motor dijalan raya. Pakaian adalah hal yang terpenting dalam menciptakan kondisi aman saat berkendara yaitu menggunakan jaket dan helm.


READ MORE →

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

AHM Ajak Ribuan Pecinta New Honda Supra GTR150 Berbagi Kebaikan di Bulan RamadhanJakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) beserta jaringan main dealernya menggelar Brotherfood Gathering dan Bikers Sholeh sekaligus mengajak sekitar 1.820 bikers yang tergabung dalam 78 klub New Honda Supra GTR 150 berbagi kebaikan. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini merupakan upaya AHM dan jaringan main dealernya untuk mempererat silaturahmi antar bikers sekaligus menebar kebaikan melalui berbagai kegiatan amal.

READ MORE →

Comments are closed.