MENU NAVIGASI

Tutup Tahun 2016, AHM Perkuat Kepemimpinan di Segmen Sport

  by    0   181   0

Jakarta– Menutup tahun 2016, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif penjualan segmen sepeda motor sport dengan kenaikan sebesar 23,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Jajaran motor sport Honda tahun lalu terjual 318.000 sementara tahun sebelumnya hanya 257.179 unit.

Pencapaian tersebut semakin memperkuat kepemimpinan AHM di segmen sport dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 49,4% atau naik 14,8% dibandingkan pangsa pasar di segmen sport tahun 2015 yang hanya 34,6%. All New Honda CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar pada pencapaian di segment sport Honda dengan total penjualan sebanyak 152.263  unit, diikuti oleh Honda CBR series sebanyak 90.252 unit, Honda Verza 71.231 unit, dan Honda Megapro 4.018 unit. Sementara itu, big bike sport Honda terjual sebanyak 236 unit.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit atau terkoreksi 8,5% dibandingkan total penjualan tahun 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit. Di tengah kondisi pasar yang sedang tertekan, AHM menyumbang penjualan sepeda motor sebanyak 4.380.888 unit atau sedikit mengalami penurunan 1,6% dibandingkan tahun 2015 yang sebanyak 4.453.888 unit. Meski sedikit terkoreksi, secara penguasaan pangsa pasar AHM berhasil tumbuh 5,1% dengan total market share sebesar 73,9 % sepanjang tahun 2016 terhadap penjualan sepeda motor di Tanah Air.

General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan di tengah beragam kondisi perekonomian sepanjang tahun 2016.

“Kondisi perokonomian di Tanah Air cukup sulit pada 2016. Namun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadal produk sepeda motor Honda justru semakin besar, terutama di segmen motor sport. Hal ini mengantarkan kami memperkuat penetrasi di seluruh segmen pasar roda dua di Tanah Air. Kami berharap dukungan positif ini akan terus berlanjut pada tahun ini dengan beragam produk dan layanan terbaik yang akan kami hadirkan.”

Kontribusi skutik

Sepanjang tahun lalu, penopang penjualan sepeda motor Honda masih berasal dari segmen skutik yang memberikan kontribusi sebesar 83,6% terhadap penjualan sepeda motor Honda melalui penjualan sebesar 3.661.284 unit. Melalui penjualan ini, AHM memimpin segmen skutik nasional dengan 78,1% pangsa pasar. Pada segmen ini, Honda BeAT eSP series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 1.814.600 unit, diikuti oleh Honda Vario eSP series 1.306.600 unit, Honda Scoopy eSP 528.622 unit, Honda Spacy 6.170 unit, dan Honda PCX 5.292 unit. Adapun big bike skutik Honda NM4 Vultus terjual sebanyak 3 unit.

Sementara itu, di segmen bebek, sepeda motor Honda tetap menjadi pilihan favorit pecinta motor bebek di Tanah Air dengan perolehan pangsa pasar 67%. Segmen ini memberikan kontribusi sebesar 9% atau 401.601 unit terhadap penjualan Honda. Kontribusi terbesar penjualan disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan angka penjualan 184.302 unit, diikuti oleh Honda Revo series 159.465 unit, New Honda Sonic 150R 37.695 unit, dan Honda Blade sebanyak 20.139 unit.

Share

Artikel Terkait

Begini Cara Merawat Sepatu Riding

Begini Cara Merawat Sepatu RidingSepatu riding jadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu pakai saat berkendara dengan sepeda motor. Kebanyakan sepatu riding yang dipakai ini berbahan kulit yang pastinya perlu perawatan ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sepatu ridingmu.

READ MORE →

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy Merdeka

Sambut HUT RI ke 72, 1800 Bikers Honda Ikuti Convoy MerdekaJakarta – Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, 1800 bikers Honda menggelar turing ke tempat bersejarah dan silaturahmi antar komunitas dengan tajuk “Convoy Merdeka.” Kebersamaan antar bikers Honda yang tergabung dalam 54 komunitas All new CB150R StreetFire dan paguyuban komunitas sepeda motor Honda yang tersebar di Tanah Air ini menjadi ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kecintaan terhadap Tanah Air.

Mengusung tema bertajuk “Bikers Bhineka Tunggal Ika”, convoy kemerdekaan ini dilakukan dengan mengelilingi kota dan menuju lokasi bersejarah atau taman makam pahlawan menggunakan atribut berwarna merah putih. Acara ini didukung penuh PT Astra honda Motor (AHM) beserta dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda untuk mewadahi solidnya kebersamaan bikers Honda di seluruh Indonesia.

READ MORE →

Cara Membersihkan Kaca Helm

Cara Membersihkan Kaca HelmSemua orang wajib menggunakan helm saat mengendarai motor. Selain untuk keamanan, helm juga dipakai untuk mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. Salah satu bagian helm yang penting selain tali dan busa adalah kaca helm. Kaca merupakan komponen yang menjadi pelindung dari terpaan kotoran, debu, air hujan, dan paparan sinar matahari.
Pada kaca, rata-rata terdapat dua masalah. Pertama, debu atau kotoran pada kaca helm. Kedua, goresan di kaca. Kedua masalah tersebut dapat mempengaruhi daya tahan kepala dan mata saat mengemudi. Untuk mencegah kedua masalah tersebut, ada beberapa cara dalam membersihkan kaca helm.


READ MORE →

Membersihkan Helm dengan Removable Liner

removeableliner_featureSebagai pengendara motor, perlengkapan yang harus digunakan pastinya helm. Bagi kamu yang sering bepergian, tentunya kondisi helm lama kelamaan akan menjadi kotor, dan bisa jadi bagian dalam akan tercium bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencuci helm kamu sendiri! Jika kamu memiliki helm dengan liner yang dapat dilepasm tentunya akan lebih mudah karena semua bagian helm akan bersih, selain itu kamu dapat membersihkan cangkang helm secara terpisah.

READ MORE →

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada Helm

Yang Harus dan Jangan Dilakukan pada HelmPernah nggak kamu mendapati helm bau dan lembab? Bau tidak sedap sangat mungkin terjadi kalau kamu tidak rajin merawat dan membersihkannya. Helm yang bau dan lembab akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat kamu menggunakannya, bahkan baunya dapat menempel ke rambut kamu lho!
Agar tidak mudah bau, kamu bisa simak apa yang harus dan jangan dilakukan pada helm kamu di bawah ini.


READ MORE →

Comments are closed.