4 Langkah Merawat Tangki Motor Terhindar Dari Karat Korosi Dan Kebocoran

Publikasi: 1 bulan 9 hari 14 jam 17 menit yang lalu

Tangki motor merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan roda dua ini. Penempatan tangki motor  pada setiap jenis motor  bisa berbeda-beda. Pada motor sport, misalnya,  tangki terletak di depan dan dari luar terlihat jadi bagian eksterior motor.

Namun tangki pada motor skutik atau bebek biasanya tersimpan di bawah jok atau di tengah dek motor. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bakar yang digunakan dalam perjalanan, kondisi tangki pun harus diperhatikan.

Kebiasaan kebanyakan pemilik motor, hanya fokus pada bagian bodi dan mesin saja dan kurang memperhatikan kondisi tangki. Akibatnya kondisi tangki motor terkadang memprihatinkan seperti karatan, korosi bahkan bocor.

Biasanya karena tangki jarang diisi  bensin dengan full, akan membuat ada ruang kosong dalam tangki  yang bisa bikin berembun dan inilah yang   bisa  menimbulkan karat dan korosi.

Lantaran factor ini, bisa mengakibatkan performa mesin terganggu  terlebih jika ada kotoran  pula yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya motor akan terasa tersendat-sendat dan tidak bisa diajak lari. Lebih parah dari itu tangki motor bisa terancam bocor.

Lantas bagaimana tips menghindari tangki motor dari kebocoran :

1.Biasakan Isi BBM Full

Jangan terlalu sering membiarkan tangki keadaan kosong atau hanya ada sisa sedikit bahan bakar di dalamnya.

Karena dengan membiarkan sisa ruang kosong di dalam tangki dan sisa BBM sedikit itulah yang  akan menimbulkan embun, lalu embun berubah jadi air yang dapat menimbulkan karat dan korosi pada tangki motor

2. Kuras secara rutin 

Cara ini terbilang mudah apalagi untuk motor tipe sport karena posisi tangki berada di luar dan mudah dilepas. Menguras tangki secara rutin dapat mencegah menumpuknya kotoran yang membuat korosi dan mesin tersendat

3. Jangan semprotkan air terlalu kencang 

Terutama jangan lakukan ini ke arah tutup tangki ketika mencuci motor. Meskipun  tangka terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini  bisa jadi penyebab resapan air yang menimbulkan embun ke dalam tangki

4. Jangan Beli Bensin Eceran 

Mulailah meminimalisir membeli bahan bahan bakar di penjual eceran. Karena penjual bensin eceran biasanya membeli menggunakan motor bertangki besar dan jerigen. Kita tidak tau bagaimana kondisi tangki dari penjual tersebut dan apakah tercampur air atau tidak saat pemindahan bahan bakar tersebut.

Demikian sedikit tips untuk mencegah timbulnya kotoran dan karat yang bikin tangki motor korosi dan bocor.

Nah, untuk  menjaga kondisi  motor tetap prima, selalu  lakukan  pemeriksaan dan perawatan rutin  di bengkel AHASS, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare Tangki Motor

Berita Terkait