7 Langkah Wajib Dalam Merawat Motor

Publikasi: 14 hari 16 jam 13 menit yang lalu

Sebetulnya, merawat motor bukan hal yang terlalu sulit. Asal dilakukan rutin dan tahu apa yang harus dilakukan, motor dijamin tidak akan mudah rusak. Nah, ini ada 7 langkah yang perlu diperhatikan dalam merawat motor, yaitu:

1. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Penggunaan bahan bakar sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor. Cara merawat motor agar tetap awet adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90 untuk menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor. Berbeda jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah yang bisa meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

2. Cermati Serius Kondisi Aki

Ini penting dilakukan agar aki motor selalu terjaga, terutama jika motor menggunakan teknologi injeksi, karena aki merupakan sumber listrik untuk sistem penghidupan pembakaran. Jika air pada aki motor berkurang, tambahkan dengan air aki yang banyak dijual di pasaran atau lebih baik lagi jika mengganti aki motor sebelum aki benar-benar rusak.

3. Ganti Oli Teratur

Mengganti oli merupakan hal yang rutin dilakukan dalam merawat motor, minimal setiap 2 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak 1.000 km. Jangan sampai motor kekurangan pelumas sehingga bisa mengganggu kinerja mesin.

4. Periksa ECU

Cara merawat motor selanjutnya adalah dengan memperhatikan ECU (Electronic Control Unit) agar sistem injektor pada motor selalu bekerja dan berfungsi dengan baik. Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pada motor tidak akan berjalan dengan baik dan bisa mengakibatkan motor mogok.

5. Busi Wajib Dirawat

Busi merupakan pematik api yang sangat diperlukan dalam proses pembakaran pada mesin. Jika terjadi kerusakan pada busi, proses pembakaran pada mesin tidak akan sempurna dan dapat membuat mesin menjadi kurang bertenaga, atau parahnya membuat motor tidak menyala. Jika busi motor sudah tidak menghasilkan api yang maksimal, lebih baik ganti dengan yang baru agar pembakaran menjadi lebih sempurna.

6. Periksa BBM Dalam Tangki

Sebaiknya jangan biarkan bahan bakar dalam tangki motor habis saat dikendarai. Selain bisa menyebabkan motor mati, hal ini juga dapat merusak sistem injektor. Apabila tangki motor kosong, kotoran yang terdapat pada tangki akan mudah terserap dan menghambat kinerja mesin motor.

7. Lakukan Servis Secara Berkala

Melakukan servis berkala pada motor sangat penting, setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor. Atau jika motor sering digunakan, bisa lakukan pengecekan satu bulan sekali agar kondisi motor tetap prima. Usahakan juga melakukan servis di tempat yang berkualitas agar kondisi motor tetap baik dan nyaman.

Jangan ragu menjadwalkan perawatan motor di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bisa bekerja optimal. Manfaatkan juga layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kemudahan waktu servis.

Kenali Lebih Dekat Honda Stylo 160

Untuk Bro and Sis yang mencari motor matic retro modern, Honda Stylo 160 bisa menjadi pilihan ideal. Motor ini menawarkan desain retro yang stylish dengan mesin 160cc PGM-FI yang bertenaga. Fitur unggulan seperti Idling Stop System memastikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Honda Stylo 160 tersedia dalam dua varian, yaitu CBS dan ABS, dengan harga mulai dari Rp 28 jutaan hingga Rp 32 jutaan, menawarkan kombinasi antara gaya klasik dan teknologi mutakhir.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara, seperti full digital panel meter dan Honda Smart Key System. Untuk varian ABS, dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS) yang meningkatkan kontrol dan stabilitas saat pengereman mendadak. Honda Stylo 160 tidak hanya menawarkan penampilan menarik, tetapi juga performa dan fitur yang memadai untuk kebutuhan berkendara sehari-hari.

Ingatlah, perawatan motor yang baik adalah investasi jangka panjang dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dengan melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan yang dibutuhkan, perjalanan dengan motor kesayangan akan selalu aman dan lancar.

Service Motor Cari Aman Safety Riding Servis Motor Oli Motor Busi Motor ServisPastiDariYangAhli Aki Motor Honda Stylo 160 Honda Stylo

Berita Terkait