Bagian Apa Saja Yang Diperiksa Saat Tune Up Motor?

Publikasi: 3 bulan 21 hari 17 jam 13 menit yang lalu

Tune up merupakan prosedur perawatan berkala pada sepeda motor. Kegiatan tune up meliputi pemeriksaan, perawatan, perbaikan dan penyetelan bagian- bagian kendaraan.

Dalam proses tune up motor, ada beberapa bagian motor yang perlu diperiksa atau diganti. Bagian apa saja?

Filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. 

Jika filter udara kotor atau mampet, mesin tidak akan mendapatkan udara yang cukup, yang bisa memengaruhi performa dan efisiensi bahan bakar. 

Karena itu saat proses tune up, biasanya dilakukan pembersihan dan juga barangkali penggantian filter udara, apabila itu sangat dibutuhkan

Rantai

Perlu dilakukan Pengecekan dan penyesuaian rantai. Jika  rantai yang terlalu kencang atau longgar dapat memengaruhi performa motor dan umur rantai itu sendiri. 

Selain itu, rantai yang tidak terlumasi dengan baik juga bisa memengaruhi performa.

Rem

Pengecekan dan penyesuaian sistem rem ini sangat penting untuk keamanan berkendara. Tune-up motor harus mencakup pengecekan ketebalan kampas rem, penyesuaian jarak main rem, dan pemeriksaan cairan rem.

Busi 

Pengecekan dan penggantian  pada bagian busi. Jika busi tidak bekerja dengan baik dapat memengaruhi performa mesin. 

Dalam tune-up, busi biasanya diperiksa dan diganti jika perlu.

Oli Mesin

oli mesin  bekerja untuk  membantu melumasi komponen mesin, mengurangi gesekan dan panas. 

Pada saat tune-up, oli biasanya diperiksa dan diganti jika sudah kotor atau tidak efektif.

Bahan Bakar

Pengecekan  pada sistem bahan bakar, termasuk karburator atau sistem injeksi, perlu diperiksa dan disetel ulang untuk memastikan campuran bahan bakar dan udara yang optimal.

Suspensi

Suspensi yang baik penting untuk kenyamanan dan handling. Tune-up motor harus mencakup pengecekan dan penyesuaian suspensi.

Tune up motor adalah langkah yang sangat penting dan harus rutin dilakukan oleh setiap pemilik motor. 

Proses ini bukan hanya tentang memaksimalkan performa dan efisiensi motor, tetapi juga tentang merawat dan memperpanjang umur kendaraan, memastikan keselamatan saat berkendara, serta berkontribusi pada lingkungan dengan mengurangi emisi. 

Tune up motor disarankan untuk dilakukan setiap 2 bulan sekali atau setelah memasuki jarak tempuh 2.000 km. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Nah, jiwa waktu service tiba, jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal. 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Tune Up Motor

Berita Terkait