Cara Aman Naik Motor Untuk Para Ladies Bertubuh Mungil

Publikasi: 9 hari 16 jam 36 menit yang lalu

Di hari ini, banyak para ladies memilih berkendara sendiri, salah satunya menggunakan sepeda motor. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kaum ladies saat berkendara. Bukan rahasia lagi, terkadang tanpa disadari, para ladies sering memancing potensi berbahaya ketika berkendara. Lantas, bagaimana cara berkendara aman, terutama untuk para ladies bertubuh mungil? Coba simak ini:

Pakai Alas Kaki yang Tepat

Kaum perempuan selalu memperhatikan alas kakinya. Sama seperti ketika menggunakan tas, alas kaki perempuan juga sangat bervariasi modelnya. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki. Jangan gunakan alas kaki yang memiliki heels atau hak tinggi, karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

Sebaiknya Gunakan Celana Panjang

Penggunaan rok saat naik motor sama sekali tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara. Celana panjang dinilai akan lebih nyaman dan lebih leluasa bergerak saat mengendalikan sepeda motor. Jadi, jika ladies harus menggunakan rok ketika ke kantor, sebaiknya ganti setelah sampai di tempat tujuan. Keselamatan di jalan harus menjadi prioritas.

Tetap Konsentrasi

Saat berkendara, konsentrasi sangat diperlukan. Bahkan diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat (1) yang menyatakan bahwa pengemudi harus memperhatikan jalan dengan fokus. Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. Salah satu cara mengemudi dengan penuh konsentrasi adalah tidak menggunakan ponsel ketika berkendara.

Tetap Pakai Helm

Perlengkapan berkendara yang disarankan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan kita meliputi helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Beberapa ladies mengabaikan perlengkapan berkendara/riding gear seperti helm dengan alasan kurang nyaman. Helm menjadi hal penting karena berfungsi untuk melindungi kepala kita. Yang harus diperhatikan dalam memilih helm adalah:

  • Pilih yang sudah memiliki label SNI.
  • Gunakan sesuai ukuran kepala.
  • Hindari menggunakan helm dalam kondisi rambut basah atau memakai aksesoris rambut yang berlebihan.

Sebelum menggunakan helm, pastikan rambut dan poni rapi. Rambut bisa diikat atau gunakan penutup kepala (inner) agar tetap rapi dan tidak kusut saat terkena angin. Bagi pemakai hijab, pilihlah bahan hijab yang tidak licin, gunakan inner hijab; hal ini bertujuan memberikan rasa nyaman. Gunakan model hijab yang simpel. Setelah sampai di tempat tujuan, baru sesuaikan dengan model hijab yang diinginkan.

Perhatikan Barang Bawaan

Gunakan tas dengan tali panjang yang tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Pemakaiannya bisa disilangkan di bahu. Penggunaan tali panjang yang disilang ke bagian dada dapat meminimalisir risiko tersangkut benda asing yang ada di jalan/kendaraan lain dan tindakan kriminal. Lebih disarankan untuk menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, atau gunakan tas ransel.

Motor Honda Scoopy memiliki nuansa klasik namun dikemas dengan sentuhan retro modern. Sejak pertama dirilis pada bulan Mei 2010, motor ini kerap mengukuhkan dirinya sebagai Raja Skutik Retro di Indonesia. Honda Scoopy eSP dilengkapi teknologi eSP siap menjadi pilihan utama konsumen perempuan yang membutuhkan motor skutik yang fashionable dan nyaman dikendarai.

Cari Aman Safety Riding Ladies Bike Tips Aman Bermotor Bagi Wanita Ladies Bertubuh Mungil

Berita Terkait