Cara Ganti Baterai Smart Key Yang Habis

Publikasi: 1 hari 12 jam 33 menit yang lalu

Smart Key System pada motor Honda zaman sekarang membuat pemilik motor tidak lagi perlu menggunakan kunci untuk menyalakan motor, melainkan diberikan remote. Ketika remote didekatkan dengan motor, maka kenop untuk menyalakan motor bisa ditekan dan diputar, sehingga mesin menyala. Posisi Smart Key cukup disimpan di kantong, dengan jarak kurang lebih 2 meter dari motor sudah bisa terhubung. Kehadiran kunci pintar ini menambah kepraktisan saat berkendara. Namun, teknologi baru membawa masalah baru, yakni remote memiliki baterai yang seiring waktu akan habis.

Seiring pemakaian jangka panjang, daya baterai akan melemah sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika kondisi Honda Smart Key System telah menunjukkan gejala baterai melemah, sebaiknya segera ganti dengan baterai yang baru. Salah satu indikasi baterai melemah adalah jika indikator pada Honda Smart Key berkedip 5 kali saat kunci kontak diputar ke posisi (ON) atau jika pengoperasian menjadi tidak stabil, gantilah baterai sesegera mungkin.

Berikut adalah cara mengganti baterai Honda Smart Key pada sepeda motor ADV 160:

1. Lepaskan bagian atas dengan menyelipkan benda pipih.

Tip: Lapisi benda pipih atau obeng dengan kain pelindung agar tidak menggores Honda Smart Key. Jangan menyentuh sirkuit atau terminal karena dapat menyebabkan masalah. Berhati-hatilah untuk menghindari tergoresnya penutup anti-air (waterproof) atau masuknya debu ke dalam. Jangan membuka cover Honda Smart Key secara paksa.

2. Ganti baterai lama dengan baterai baru dengan sisi negatif (-) menghadap ke atas.

3. Pasang kembali kedua bagian remote.

Tip: Pastikan cover atas dan bawah terpasang pada posisi yang benar. Jika merasa ragu atau kesulitan untuk melakukan penggantian baterai Honda Smart Key sendiri, datanglah ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan bantuan dari teknisi atau service advisor AHASS.

Tak hanya pada ADV 160, teknologi Honda Smart Key System juga hadir pada motor lainnya, seperti Honda Stylo 160. Motor ini adalah pilihan tepat bagi Bro dan Sist yang menginginkan motor bergaya retro modern dengan fitur canggih. Honda Stylo 160 memiliki mesin 160cc dengan teknologi PGM-FI berpendingin cairan yang mendukung performa bertenaga untuk aktivitas sehari-hari, baik di dalam kota maupun perjalanan jarak jauh.

Selain itu, fitur Idling Stop System pada Honda Stylo 160 membantu efisiensi bahan bakar, menjadikannya semakin hemat dan ramah lingkungan. Dengan harga mulai dari Rp 28 jutaan hingga Rp 31 jutaan, Honda Stylo 160 memberikan nilai lebih dalam segi performa dan desain yang elegan. Salah satu keunggulan utamanya adalah fitur Honda Smart Key System yang dilengkapi dengan Alarm Anti Theft dan Answer Back System, sehingga pengendara dapat menyalakan motor tanpa kunci fisik, memberikan kenyamanan serta keamanan lebih.

Motor ini juga dilengkapi dengan USB charger, full digital panel meter, dan pop-up center hook untuk kemudahan membawa barang. Varian ABS Honda Stylo 160 menghadirkan sistem keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS), memberikan kontrol yang lebih baik saat pengereman mendadak.

Dengan memahami pentingnya perawatan seperti mengganti baterai Smart Key, Bro dan Sist yang menggunakan Honda Stylo 160 atau model Honda lainnya dapat terus menikmati kemudahan berkendara yang aman dan nyaman. Jika merasa ragu dalam penggantian baterai, jangan segan untuk mengunjungi AHASS terdekat.

Percayakan perawatan sepeda motor Honda di bengkel AHASS agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya. Yang tak kalah penting, suku cadang yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS agar bebas antre.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Honda ADV 150 Tips Motor Honda Honda ADV160 Smart Key Honda Stylo 160 Ganti Battery Smart Key

Berita Terkait