Ini Bahayanya Manasin Motor Dalam Ruangan

Publikasi: 1 bulan 16 hari 13 jam 7 menit yang lalu

Sebenarnya sebagian besar mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama, karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan. Terlebih motor zaman sekarang sudah banyak yang dibekali teknologi injeksi.

Meski sudah dianggap tidak penting, ritual memanaskan mesin motor masih dilakukan  oleh sebagian pemilik dan pengendara motor. 

Memanaskan mesin bertujuan supaya oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin. 

Saat melakukan prosesi itu, pemotor tidak boleh melakukannya di dalam rumah. Kenapa? Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan sepeda motor. Salah satunya terkait tempat memanaskannya.

Tempat seperti apa sebaiknya ketika memanaskan motor? Ini dia :

1.Jangan Dekat Tembok 

Usahakan pilih tempat yang lapang. Dan jangan terlalu dekat dengan dinding atau tembok. Karena pada saat pemanasan, otomatis lampu utama akan menyala jika mesin dihidupkan.

Bila posisi motor terlalu dekat tembok, maka tingkat panasnya akan memantul ke reflektor lampu itu sendiri.

2. Mika Bikin Meleleh 

Jika motor dipanaskan dalam ruangan, pantulan cahaya pada dinding tembok juga dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas. 

Hal lain, akibat reflektor meleleh menyebabkan bohlam lampu motor putus. Sebaiknya memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3 sampai 5 menit.

3. Gas Berbahaya Mengintai

Memanaskan motor sebaiknya dilakukan di luar ruangan. Sebab, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bila terhirup dan masuk  ke tubuh. Seperti gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal.

Panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara, malah akan mengumpul di dalam ruangan tersebut. Ini jelas berbahaya bila terhirup manusia, apalagi oleh anak-anak.

Begitulah alasan kuat mengapa, motor jangan dipanaskan. Nah, untuk menjaga kondisi motor tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS. agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula Layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Servis Motor #hondacare

Berita Terkait