Ini Penyebab Knalpot Motor Suka Nembak Saat Lepas Gas

Publikasi: 4 hari 6 jam 7 menit yang lalu

Pernah ngerasain, saat melepas gas, kadang terdengar suara tembakan kecil dari knalpot motor. Ini jelas terdengar mengganggu kuping sendiri maupun kuping tetangga.

Sesungguhnya bunyi tembakan pada knalpot bisa diidentifikasikan sebagai pertanda knalpot itu sedang tidak baik-baik saja. Namun nggak perlu khawatir juga, knalpot motor nembak saat lepas gas tidak berarti motor rusak parah.

Lantas, apa penyebab knalpot motor bisa terdengar nembak saat lepas gas? Begini ceritanya:

1. Ada Indikasi Saluran Mesin Bermasalah

Kemungkinan besar ada masalah pada saluran mesin, seperti saluran intake yang tersumbat atau klep yang tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Gas buang yang tidak terbakar sempurna ini kemudian tertahan di dalam mesin dan terdorong keluar ke knalpot saat lepas gas.

Pertemuan gas buang panas dengan udara segar di dalam knalpot dapat memicu ledakan kecil dan menghasilkan suara tembakan.

2. Tanda Kebocoran

Kebocoran pada knalpot adalah penyebab paling umum dari suara nembak. Kebocoran dapat terjadi di berbagai bagian knalpot, seperti sambungan pipa, las, atau muffler.

Kebocoran ini memungkinkan udara luar masuk ke dalam sistem pembuangan, mengganggu aliran gas buang, dan menyebabkan ledakan kecil yang menghasilkan suara tembakan.

3. Bisa Jadi Busi Rusak

Busi yang aus, kotor, atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor dapat menyebabkan percikan api yang tidak sempurna dan bisa mengakibatkan pembakaran yang tidak merata sekaligus menghasilkan gas buang yang tidak terbakar sempurna.

Sama seperti pada masalah saluran mesin, gas buang ini kemudian terdorong keluar ke knalpot dan memicu ledakan kecil saat lepas gas.

4. Bahan Bakar Tidak Murni

Campuran bahan bakar yang terlalu kaya atau terlalu miskin dapat menyebabkan knalpot nembak.

Campuran yang terlalu kaya menghasilkan gas buang yang tidak terbakar sempurna, sedangkan campuran yang terlalu miskin dapat menyebabkan panas berlebih pada mesin dan memicu ledakan di dalam knalpot.

5. Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi

Pemasangan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor dapat mengganggu aliran gas buang dan menyebabkan backpressure yang tidak normal.

Hal ini dapat memicu ledakan kecil di dalam knalpot dan menghasilkan suara tembakan.

6. Knalpot Kotor

Kotoran dan kerak yang menumpuk di dalam knalpot dapat menyumbat aliran gas buang.

Penyumbatan ini dapat menyebabkan penumpukan gas buang di dalam knalpot dan memicu ledakan kecil saat lepas gas.

7. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan bahan bakar terbakar tidak sempurna.

Hal ini menghasilkan gas buang yang mudah terbakar dan memicu ledakan di dalam knalpot saat lepas gas.

Biar knalpot motormu tidak menimbulkan bunyi nembak dan memekakkan telinga, upayakan perawatan motor secara rutin. Jadwalkan perawatan tersebut hanya di bengkel AHASS .

Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk knalpot, tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Mesin Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Knalpot Knalpot Motor

Berita Terkait