Kenapa Busi Motor Gampang Mati? Ini Penyebabnya!

Publikasi: 1 bulan 21 hari 16 jam 42 menit yang lalu

Apakah motor Anda belakangan ini sering mogok? Salah satu penyebab umum dari masalah ini biasanya adalah usia motor yang sudah tua. Motor yang sudah berumur cenderung lebih sering mengalami masalah, terutama jika perawatannya tidak dilakukan secara rutin. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah busi motor. Busi yang mati tentu harus segera ditangani agar tidak menyusahkan pengendara, seperti mogok mendadak saat dikendarai.

Ada dua penyebab utama busi motor menjadi cepat mati atau tidak berfungsi dengan baik:

1. Kebocoran Klep

Penyebab yang paling sering adalah kebocoran klep, terutama pada motor yang sudah berumur atau motor bekas. Kebocoran klep ini membuat debit bensin yang masuk ke ruang bakar menjadi tidak sesuai. Akibatnya, busi sering basah oleh bensin dan cepat rusak. Kebocoran klep harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada busi.

2. Ring Piston Lemah

Penyebab kedua adalah ring piston yang lemah. Jika usia motor sudah di atas 5 tahun dan digunakan setiap hari, busi motor sering mati akibat ring piston yang lemah. Ring piston yang lemah membuat oli mesin masuk ke dalam ruang bakar dan mengenai busi. Jika kondisi ini dibiarkan, oli yang terbakar akan menjadi kerak dan menumpuk di elektroda busi, mengganggu kinerja busi dan mempercepat usia pakainya.

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk merawat motor secara rutin. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara berkala di bengkel AHASS agar semua fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal. Manfaatkan juga layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kemudahan waktu dalam melakukan servis.

Dengan perawatan yang tepat, busi motor Anda akan lebih awet dan motor akan selalu dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi busi secara berkala dan segera ganti jika ditemukan masalah.

Kenapa Harus Memilih Honda Vario 125 Terbaru ?

Selain menjaga perawatan motor, memilih motor dengan kualitas unggul juga sangat penting. Salah satu pilihan terbaik adalah Honda Vario 125 terbaru 2024 . Motor ini menawarkan desain modern dan elegan, performa mesin eSP+ 125cc yang tangguh dan efisien, serta dilengkapi fitur-fitur canggih seperti Smart Key System, Idling Stop System (ISS), dan panel instrumen digital yang informatif. Dengan harga kompetitif dan ketersediaan di dealer resmi, Honda Vario 125 terbaru siap memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, aman, dan menyenangkan.

Honda Vario 125 ESP Service Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Servis Motor Busi Motor Busi

Berita Terkait