Memahami Fitur Canggih Dual Clutch (DCT) Pada New Rebel 1100

Publikasi: 1 hari 23 jam 35 menit yang lalu

Teknologi terbaru yang digunakan pada kendaraan bermotor roda dua, salah satunya adalah Dual Clutch Transmission (DCT). DCT merupakan sistem transmisi otomatis sekaligus manual, di mana terdapat dua kopling dalam satu gearbox.

Sistem transmisi otomatis seperti CVT (Continuous Variable Transmission) sudah banyak dikenal, terutama pada motor skutik. Lantas, apa perbedaan antara teknologi DCT dan CVT?

Perbedaannya jelas terlihat. DCT bisa bekerja secara otomatis maupun manual, sementara CVT hanya otomatis. Selain itu, cara kerja pada transmisi DCT dan CVT juga berbeda. Sistem DCT menggunakan tekanan oli untuk menggerakkan kopling dan diatur secara elektronik untuk perpindahan gigi transmisi. Karena DCT menggunakan tekanan oli, sistem kampas koplingnya terendam oli, berbeda dengan CVT yang menggunakan gaya sentrifugal untuk menggerakkan roller dan pulley, diteruskan oleh belt ke kopling, kemudian ke transmisi.

Pada Juni 2024 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Rebel 1100 sebagai pilihan baru bagi para pecinta sepeda motor Big Bike cruiser di Indonesia. New Rebel 1100 juga dilengkapi fitur canggih cruise control yang memberikan kenyamanan bagi pengendara saat menikmati perjalanan dengan fitur Dual Clutch Transmission (DCT).

Sepeda motor ini dilengkapi dengan full digital panel meter yang menampilkan informasi lengkap seperti riding mode, rotation meter, shift position, speedometer, temperatur udara, kecepatan mesin saat mode cruise control aktif, karakteristik DCT, kondisi suhu, dan banyak informasi lainnya yang dapat diatur dengan mudah oleh pengendara.

Pada tipe DCT terdapat mode yang menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Selain itu, jok belakang didukung dengan piggyback yang dapat diatur. Sistem pengereman menggunakan 2 channel ABS, serta suspensi depan 43mm Telescopic Front Suspension yang juga dapat diatur oleh pengendara untuk memberikan kenyamanan lebih.

Dengan memahami pentingnya fungsi kerja DCT pada New Rebel 1100 atau model Honda lainnya, pengendara dapat terus menikmati kemudahan berkendara yang aman dan nyaman.

Selalu percayakan perawatan sepeda motor Honda di bengkel AHASS agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya. Yang tak kalah penting, suku cadang yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjungan AHASS untuk bebas antre.

Rebel Owner Community Rebel 1100 Honda New Rebel 1100 Dual Clutch Transmission DCT New Rebel 1100 Honda Rebel 1100 2024 New Rebel 1100 Indonesia

Berita Terkait