Perawatan Box Motor: Beda Bahan, Beda Penanganan

Publikasi: 20 hari 10 jam 3 menit yang lalu

Top box atau yang lebih sering disebut box motor, merupakan aksesoris yang umum ditemui di belakang motor anak-anak yang hobi  touring. Buat yang hobi touring, top box  atau lebih sering disebut box motor  umum digunakan, sebagai tempat penyimpanan tas dan perlengkapan lainnya. 

Nah, jika di motormu sudah digunakan box motor, sebaiknya jangan lupa merawatnya  agar tampilannya tetap  terlihat  keren dan fungsinya optimal . Box ini  merupakan barang  yang menempel di motor,  dan otomatis dipakai sehari-hari,  sehingga kondisi harus melewati cuaca  panas-dingin.

Box motor seperti diketahui ada yang berjenis bahan dasar plastik  dan aluminium. Biasanya  cara merawatnya juga agak sedikit berbeda. 

Nah, bagaimana cara merawat box motor? Ini ada tipsnya :

Merawat Box Motor Plastik

Box motor berbahan plastik sebenarnya lebih mudah merawat. Jika tidak terjadi kecelakaan atau benturan keras, paling yang harus  diperhatikan adalah bagian karet dan seal-nya. Karena bagian itu mudah menyusut atau aus.

Biasakan box berbahan plastik dicuci berkala bagian luarnya agar tetap tampil menawan. Sebaiknya gunakan cairan pengkilap vinyl, biar warnanya menghitam lagi, dan tampilannya jadi lebih cemerlang.

Namun perlu diingat, pembersihan dan pemberian cairan vinyl ini sebaiknya dilakukan pada bagian luar box. Sedangkan untuk bagian dalamnya, cukup dilap dengan kain microfiber. Karena jika pada bagian dalam diberi vinyl dan jadi lembab malah bisa menimbulkan jamur.  Karena itu sebaiknya hanya dilap dengan kain microfiber 

Untuk kebersihan dan higienitas box motor, perhatikan bungkusan makanan yang dimasukan ke dalamnya. Sebab  kalau makanan bocor,  bau dari makanan bisa terperangkap di box dan sulit dihilangkan meski sudah diangin-anginkan.

Untuk menghindari munculnya kebocoran, biasanya  jika membawa makanan gunakan dengan menggunakan plastik ganda. 

Perawatan Box Bahan Aluminium 

Cara merawat bagian luar box  ternyata jauh berbeda dengan box plastik. Box aluminium natural, khususnya warna natural abu-abu, cukup sensitif dari sentuhan bahan kimia pembersih. Karena itu, ada baiknya ketika membersihkannya cukup disiram dengan air bersih  kemudian dilap hingga kering.

Bahan ini juga  tidak boleh diberi sabun, kalau kotor cukup disiram air biasa terus dilap pakai tisu kering atau microfiber.

Untuk menjaga tampilan box aluminum tetap kinclong boleh juga  dilap dengan tambahan minyak sayur.***

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor #hondacare Box Motor Top Box

Berita Terkait