4 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Publikasi: 16 hari 15 jam 35 menit yang lalu

Sepeda motor merupakan alat transportasi favorit banyak orang. Hampir setiap rumah memiliki satu atau bahkan lebih sepeda motor, salah satu tipe yang sedang naik daun yaitu motor matic. Nah, salah satu pabrikan kendaraan roda dua yang berhasil meluncurkan berbagai produk dengan inovasi terbaik adalah Honda. Motor matic keluaran Honda ini memang terbilang cukup menarik. Pasalnya, motor matic honda memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan harga kompetitif. Segmen pasar motor matic ini cukup luas karena Honda mempunyai motor matic yang cukup bervariasi.

Motor matic Honda hadir dengan teknologi hemat bahan bakar Fuel Injection (FI). Teknologi hemat bahan bakar dari Honda ini merupakan yang terbaik di kelasnya. Perawatan motor matic injection juga bisa dibilang gampang-gampang sulit. Perlu pengetahuan dan sedikit telaten agar motor matic kesayangan tetap prima. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap motor matic kesayangamu. Berikut ini adalah tips merawat motor matic injeksi yang bisa kamu lakukan.

  1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi
    Motor berteknologi hemat bahan bakar Fuel Injection (FI) ini memiliki cara kerja menyuntikkan bahan bakar ke mesin dengan alat injector. Untuk itu mengurangi timbal dari bahan bakar yang dapat merusak mesin, sebaiknya gunakanlah bahan bakar beroktan tinggi.

    Bahan bakar beroktan tinggi dapat melakukan pembakaran yang lebih sempurna sehingga timbale yang dihasilkan juga sangat minim. Hal seperti ini akan membuat injektor lebih awet sehingga performa mesin tetap prima. Untuk kelas motor matic, Honda adalah yang paling mengerti soal hemat bahan bakar. Penerapan teknologi canggih ini juga memiliki kelebihan dibagian harga unit yang murah. Harga motor Honda kredit untuk jenis ini juga merupakan yang paling murah dibanding kompetitornya.

  2. Cek sistem pengapian
    Teknologi hemat bahan bakar Fuel Injection ini mengandalkan teknologi computer sehingga membutuhkan kelistrikan yang stabil. Jika kelistrikan dalam sepeda motor bermasalah, kinerja dari injektor akan terkendala hingga tidak berfungsi sama sekali.
    Kelistrikan utama untuk motor matic berteknologi FI berasal dari aki. Agar pengapian dari aki tetap stabil, lalukanlah pengecekan rutin di bengkel resmi. Jangan sampai karena jarang perawatan aki jadi tekor dan motor tidak mogok di tengah jalan.
  3.  Jangan sampai kehabisan bensin
    Setelah tadi dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Hal penting lain mengenai bahan bakar yaitu jangan sampai kehabisan bensin. Perlu diketahui bahwa injektor ini bekerja dengan suplai bensin yang cukup. Dengan begitu, kinerja injektor lebih maksimal untuk membuat mesin bertenaga dan hemat bahan bakar. Kerugian jika kita sering kehabisan bensin adalah kosongnya suplai bahan bakar pada injektor yang membuatnya menjadi rusak. Oleh karena itu, tidak jarang ketika ada motor injeksi kerap kehabisan bahan bakar, injektor jadi rusak dan mesin dapat mati sewaktu-waktu.
  4. Panaskan motor setiap pagi
    Layaknya sebuah mesin pada umumnya, mesin motor juga memerlukan pemanasan sebelum melakukan aktivitasnya. Memanaskan motor ini berfungsi untuk menyiapkan suhu yang pas dan mengalirkan oli pada bagian-bagian mesin yang melakukan pergesekan. Dengan melakukan pemanasan lebih dahulu, mesin motor akan lebih awet.

Memanaskan motor pada pagi hari ini tidak memerlukan waktu lama, cukup 5-10 menit untuk motor bisa langsung digunakan. Panaskan motor hanya dengan menghidupkan mesinnya saja, jangan sambil menarik tuas gas kencang-kencang karena ini akan membahayakan.

Motor matic adalah salah satu kendaraan roda dua yang paling sering dipilih untuk menunjang aktivitas sehari-hari karena mudah dalam pengoperasiannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!



Label :

Comment

Your comment
Berita lainnya

Belum ada berita terkait