Ini Dia Perlengkapan Keselamatan Saat Mengendarai Motor

Publikasi: 2 bulan 18 hari 8 jam 10 menit yang lalu

Keselamatan berkendara berasal dari beberapa faktor. Tidak hanya kondisi kendaraan saja, perlengkapan pakaian juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam berkendara. Sejauh ini, kecelakaan di jalan raya banyak diakibatkan oleh faktor human error. Oleh karena itu, penting bagi setiap biker untuk memerhatikan setiap perlengkapan keselamatan untuk meminimalkan risiko kecelakaan, terlebih jika motor yang kamu kendarai memiliki kapasitas mesin besar.

Ini Dia Perlengkapan Keselamatan Saat Mengendarai Motor 

Motor sport adalah salah satu kendaraan yang memerlukan perhatian khusus saat dikendarai. Ukurannya yang besar membuat kamu harus lebih berhati-hati dalam mengendarainya. Peminat motor sport sendiri semakin meningkat setiap tahunnya, sebut saja motor sport keluaran Honda. Harga motor sport Honda pun juga semakin kompetitif.

Lantas, apa saja sih perlengkapan pakaian yang harus dikenakan saat berkendara? Ini dia ulasannya.

Celana panjang

Menggunakan celana panjang ketika berkendara itu hukumnya wajib karena pakaian ini bisa menjadi antisipasi terjadinya kecelakaan.

Jaket

Jaket merupakan pakaian atasan yang menutupi badan hingga lengan dengan penuh. Jaket mampu melindungi siku-siku dari benturan ringan atau goresan. Gunakanlah jaket yang berbahan tebal seperti jaket kulit atau jaket denim. Selain itu, jaket juga berfungsi sebagai pelindung dada dari angin ketika berkendara pada siang dan malam hari. Jaket yang bisa kamu gunakan untuk berkendara adalah jaket dengan warna cerah atau yang mempunyai light deflector atau pemantul cahaya sehinggam memudahkan pengendara lain untuk melihatmu saat di jalan raya.

Sarung tangan, masker, dan kacamata

Sarung tangan, masker, dan kacamata menjadi atribut keselamatan berikutnya. Masker berfungsi untuk melindungi diri dari bahaya polusi udara selama di jalanan. Sarung tangan memiliki fungsi agar keringat tangan tidak mengganggu grip gas saat berkendara. Selain itu, sarung tangan juga melindungi tangan dari panas matahari. Nah, kacamata berfungsi untuk melindungi mata dari debu jalanan. Debu jalanan berbahaya bagi mata karena dapat menyebabkan iritasi berat dan membutuhkan proses penyembuhan yang lama.

Sepatu

Sepatu menjadi perlengkapan berkendara yang penting selanjutnya. Pentingnya berkendara motor dengan memakai sepatu yaitu agar kaki kita tidak mengalami cidera saat berkendara di jalan raya. Kaki menjadi pijakan ketika kita motor berhenti, misalnya saat lampu merah. Sebagai tumpuan berkendara, kaki harus terjamin dari cidera sehingga diperlukannya sepatu yang tepat. Sepatu menjadi alas kaki sekaligus pelindung utama saat berkendara. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan kulit karena mampu meredam dentuman. Jangan lupa juga untuk memilih sepatu yang menutupi sampai mata kaki.

Itu dia beberapa perlengkapan keselamatan yang harus diperhatikan oleh para pengendara saat melajukan motor di jalan raya. Jadilah pengendara yang baik dengan mematuhi rambu lalu lintas. Selain itu, lengkapilah perlengkapan keselamatanmu agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Label : Touring Touring

Comment

Your comment
Load More