Mudik Aman Dan Nyaman Dengan Motor

Publikasi: 2 bulan 18 hari 11 jam 11 menit yang lalu

Bulan Ramadan merupakan bulan agung bagi umat Islam. Selama Bulan Ramadan, umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dan melakukan amalan-amalan kebaikan lain. Setelah satu bulan berpuasa, tibalah umat islam untuk menyambut hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Pada hari kemenangan ini umat Islam menyambut dengan suka cita. Banyak di antaranya merayakan dengan berkumpul bersama keluarga untuk mempererat tali silaturahmi.

Mudik Aman dan Nyaman dengan Motor

Bagi para perantau, Hari Raya Idul Fitri menjadi hari penting. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang rela bermacet-macetan di jalan untuk bertemu sanak keluarga di kampung. Mereka berbondong-bondong mudik agar tidak melewatkan momen berkumpul dengan sanak saudara. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mudik. Para perantau dapat menggunakan transportasi umum, memanfaatkan mudik gratis dari instansi tertentu, atau mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil atau bahkan motor.

Mudik dengan motor

Pemerintah sudah mengimbau untuk tidak mudik dengan menggunakan motor. Bukan tanpa alasan karena kendaraan yang satu ini memiliki risiko kecelakaan yang paling tinggi. Namun, nampaknya masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan motor sebagai andalan untuk mudik ke kampung halaman dengan alasan lebih hemat biaya dan fleksibel.

Tidak bisa dipungkiri bahwa motor memang memberikan opsi hemat biaya jika dibanding dengan kendaraan lain. Hal ini diperkuat dengan hadirnya motor hemat bahan bakar dengan harga terjangkau. Selain itu, motor juga memiliki harga yang terjangkau. Kemudahan lain juga dari harga kredit motor Jakarta yang ringan sehingga semakin mudah untuk memiliki motor idaman.

Untuk urusan fleksibilitas waktu, motor dapat bermanuver untuk istirahat di berbagai tempat. Para pemudik yang menggunakan motor ini biasanya lebih leluasa untuk mengatur waktu keberangkatan dan waktu beristirahat. Hal ini karena motor tidak begitu terpengaruh dengan padatnya jalur mudik karena motor mudah menyalip di sela-sela kemacetan.

Tips aman mudik dengan motor

Bisa dikatakan mudik dengan motor memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Namun, semua itu dapat diminimalkan dengan beberapa hal pentng. Berikut ini kita akan berbincang seputar tips agar mudik dengan motor tetap aman sampai tujuan.

1. Siapkan fisik yang prima

Mudik dengan menggunakan motor tentu akan membutuhkan energi. Perjalanan jauh yang ditempuh berpuluh-puluh jam tentu harus disiapkan dengan matang. Hal utama yang harus disiapkan yaitu kebugaran fisik. Sebelum berangkat, usahakan kamu memiliki waktu tidur yang cukup selama 8 jam. Dengan begitu, otot di tubuh kamu akan menyimpan cukup tenaga. Pada waktu sahur atau berbuka, sebaiknya minum vitamin untuk memperkuat imun tubuh. Terakhir, lakukan perenggangan otot sebelum berangkat untuk menghindari kram saat berkendara.

2. Perhatikan barang bawaan

Barang bawaan ini kerap menjadi masalah serius para pamudik. Ketika pulang kampung rasanya ingin membawa ini itu sebagai oleh-oleh sanak saudara. Alhasil, mudik dengan muatan berlebih pun tetap dilakukan yang sebenarnya akan membahayakan keselamatan.

Untuk menyiasati barang bawaan, ada baiknya kamu memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu. Bawalah barang yang nantinya akan dibutuhkan selama perjalanan. Barang bawaan lain seperti oleh-oleh dapat kamu kirim terlebih dahulu dengan menggunakan jasa paket.

Mudik dengan motor memang jauh lebih murah, hemat waktu, dan fleksibel. Namun, tentu saja penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan setiap aspek agar mudik berjalan dengan aman dan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Label : Touring Touring Touring

Comment

Your comment
Load More