Arbi Aditama Nyaris Lolos Ke Q2 Di Aragon

Publikasi: 5 hari 4 jam 19 menit yang lalu

Pabalap Astra Honda Racing Team tersebut berada di top 4 selama sesi Q1, tetapi merosot ke posisi ke-5 pada menit terakhir sesi, dan akan start dari posisi ke-19 di MotorLand.

Fadillah Arbi Aditama kurang beruntung karena kehilangan kesempatan lolos ke Q2 ketika sesi Q1 berakhir di MotorLand Aragon, Sabtu (12/10/2024). Pebalap Indonesia tersebut menunjukkan feeling luar biasa di lintasan basah dan mencatat hasil Q1 terbaiknya musim ini, tetapi tidak cukup untuk mengantarnya berebut pole position. Pebalap Astra Honda Racing Team tersebut berada di possi kelima pada akhir sesi Q1 dan berhak atas posisi ke-19 di grid.

Akhir pekan ini diawali dengan positif oleh Arbi dengan berada di posisi ke-16 pada sesi FP1 yang berlangsung Jumat, dan membuatnya dekat dengan catatan pebalap di top 10. Pada sorenya, pebalap Indonesia tersebut fokus pada kecepatannya, melanjutkan apa yang sudah dikerjakan saat menjalani tes, pekan lalu.

Setelah lintasan kering pada Jumat, hujan mengguyur lintasan MotorLand pada Sabtu. Meski intensitasnya mulai turun, bagian terakhir sesi Practice JuniorGP berlangsung di lintasan yang sulit, sehingga catatan yang dibuat pada awal sesi jadi waktu terbaik para pebalap. Arbi berada di posisi ke-10 yang membuatnya harus turun pada sesi Q1 dan bersaing masuk top 4 demi bisa lolos ke Q2.

Berharap bisa lolos ke Q2 untuk kali pertama musim ini, Arbi melaju sendiri untuk membuka jarak dengan 20 pebalap lainnya. Dengan kondisi lintasan masih basah meskipun tidak lagi turun hujan, pebalap Indonesia tersebut hanya butuh satu lap lagi untuk menajamkan waktunya dari sesi Practice, dan bahkan untuk bisa menjadi yang tercepat.

Setelah beberapa lap, catatan Arbi dan para pebalap lain lebih lambat dari waktu terbaik mereka. Bahkan, hingga bagian akhir sesi, pebalap dengan nomor motor 93 tersebut tidak tergeser dari posisi pertama dan pintu ke Q2 terbuka. Pada percobaan terakhir, dia berhasil menajamkan waktunya. Namun, pebalap lain juga melakuan hal yang sama, bahkan berhasil menggeser Arbi ke urutan kelima.

Setelah hasil positif, meskipun agak tidak menyenangkan, pada Sabtu, Arbi akan berusaha menutup akhir pekan ini dengan hasil balapan yang bagus. Seperti pada Jumat, ada kemungkinan balapan Minggu (13/10/2024) akan berlangsung di lintasan yang kering. Satu balapan JuniorGP di MotorLand akan berlangsung mulai pukul 18:00 WIB. 

JuniorGP QUALIFYING PRACTICE

 

1

Brian Uriarte

SeventyTwo Artbox Racing Team

KTM

2:11.223

 

 

2

Álvaro Carpe

STV Laglisse Racing

Husqvarna

+0.036

 

 

3

Milan Pawelec

STV Laglisse Racing

Husqvarna

+1.257

 

 

4

Cormac Buchanan

AGR TEAM

KTM

+1.890

 

 

5

Máximo Quiles

Team Estrella Galicia 0,0

Honda

+2.480

 

 

19 

Fadillah Arbi Aditama

Astra Honda Racing Team

Honda

+2.565*

 


AHRT Astra Honda Racing Team Moto3 Junior World Championship Moto3 World Championship Fadillah Arbi Aditama

Berita Terkait