Fungsi Dan Manfaat Answer Back System

Publikasi: 29 menit yang lalu

Answer Back System (ABS) merupakan remote cerdas yang dapat memanggil motor dengan mengeluarkan bunyi "beep" dan lampu sein berkedip jika tombol remote ditekan.

Kegunaannya sangat efisien dalam membantu pengendara mencari motor yang terparkir, sehingga tidak kebingungan lagi.

Cara Kerja

ABS bekerja dengan menggunakan sinyal radio atau RF melalui sebuah remote yang biasanya digantung bersama kunci kontak motor, dan sebuah receiver yang dipasang pada motor. Saat menekan remote, motor akan memberikan tanda berupa suara dari buzzer dan kedipan dari lampu sein.

Part Penting ABS:

Remote – Berfungsi sebagai radio mini yang memancarkan gelombang radio saat tombol ditekan. Remote ditenagai dengan baterai CR 2025 dan memiliki jangkauan sekitar 20 meter (tergantung kekuatan baterai) serta mampu menembus penghalang seperti tembok.

  • Receiver – Berfungsi menerima gelombang radio yang dipancarkan remote, kemudian memberikan sinyal ke buzzer untuk mengeluarkan suara dan lampu sein berkedip.
  • Buzzer – Sejenis pengeras suara yang mampu bekerja pada tegangan rendah.
  • Diode – Komponen yang melindungi winker relay saat Answer Back System bekerja, agar tidak terjadi arus balik ke relay winker.
  • Kunci Kontak – Berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan receiver. Receiver aktif saat kunci kontak dalam posisi off, dan sebaliknya.

Dalam penggunaannya, suara yang dihasilkan buzzer dapat diatur. Keluaran bisa berupa kedipan lampu sein saja.

Pada Honda Super Cub C125 terbaru yang menggunakan mesin injeksi berkapasitas 125cc SOHC dengan 4 gigi berpendingin udara, dilengkapi dengan 2 katup yang handal dan ekonomis serta fitur modern Smart Key System. Fitur ini terintegrasi dengan alarm untuk mencegah pencurian.

Fitur Answer Back System memudahkan pencarian motor di lokasi parkir dengan mengaktifkan indikator berkedip saat digunakan.  Honda Super Cub C125 dipasarkan dengan harga OTR Jakarta sebesar Rp 77.665.000.

Service Motor Cari Aman Honda Super Cub C125 Safety Riding Servis Motor Fitur Keselamatan Motor Answer Back System Fungsi Answer Back System

Berita Terkait