Honda Vario 160 Boleh Ganti Oli Mandiri: Panduan Dan Rekomendasi

Publikasi: 1 bulan 14 hari 8 jam 11 menit yang lalu

Bagi pemilik Honda Vario 160, menjaga performa mesin dengan penggantian oli secara berkala adalah hal yang penting. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai kapasitas oli dan rekomendasi oli terbaik untuk  Vario 160.

Kapasitas oli mesin Vario 160 masih sama seperti Vario 150. Oleh karena itu, Vario 160 boleh diisi oli mesin sebanyak 800 ml untuk penggantian berkala. Apabila kondisi mesin Vario 160 overhaul, pengisian oli perlu melebihi kapasitas normalnya. Berdasarkan pedoman pabrikan, Vario 160 yang mesinnya overhaul bisa diisi oli sebanyak 900 ml. Rekomendasi pemakaian oli yang tepat untuk Honda Vario 160 adalah yang khusus untuk motor matic. Oli motor matic umumnya lebih encer karena fungsinya hanya untuk mengurangi gesekan pada mesin.

Rekomendasi oli untuk Honda Vario 160 adalah AHM Oil SPX2 . Oli AHM Oil SPX2 adalah rekomendasi pabrik untuk Vario 160. Oli ini dikembangkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk memberikan perlindungan maksimal dan performa optimal pada mesin motor Honda. Oli ini mengandung aditif khusus yang membantu mengurangi gesekan dan keausan pada komponen mesin, meningkatkan daya tahan dan efisiensi mesin. Pastikan untuk membeli oli ini dari bengkel resmi Honda atau sumber terpercaya.

Beberapa merek oli lain yang bisa digunakan antara lain:

  1. TOP1 - Action Matic SAE 10W-40 Oli ini memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi sehingga membuat usia pakainya lebih lama. Mengantongi sertifikasi JASO MB 2016 sesuai standardisasi motor Jepang, oli TOP1 - Action Matic SAE 10W-40 menjadikan mesin lebih gesit, halus, dan tarikan lebih enteng, tapi bahan bakar tetap irit.
  2. Federal Matic Ecomaxx 30 Memiliki spesifikasi SAE 10W-30 API SL JASO MB untuk pelumas sintetik mesin motor matic dengan keunggulan Active Moly, yang diklaim mampu menjaga mesin dari gesekan dan hemat bahan bakar.
  3. Shell Advance 4T AX7 Scooter 10W-40 Dipromosikan membantu melindungi dan menjaga kebersihan mesin dalam semua kondisi jalan. Penggunaan oli yang didukung teknologi RCE Shell Advance ini mampu meredam suara motor saat dibawa berkendara.
  4. Oli X-Ten Double Ester Matic Oli yang dirancang khusus untuk sepeda motor matic di atas 150 CC, memiliki kandungan ester yang membuat oli bisa digunakan lebih lama dan membuat kondisi mesin lebih bersih dibandingkan dengan oli-oli sejenis lainnya.
  5. Motul Scooter LE 10W-30 Oli ini dirancang khusus untuk motor matic dan memiliki kemampuan untuk melindungi mesin dari gesekan sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  6. Yamalube Super Matic 10W-40 Oli ini diformulasikan khusus untuk motor matic, memberikan perlindungan optimal dan menjaga performa mesin tetap stabil.
  7. Castrol Power1 Scooter 4T 10W-40 Oli ini dirancang untuk meningkatkan akselerasi dan perlindungan mesin, dengan teknologi Scootek yang memastikan performa optimal.

Agar nyaman berkendara dalam kondisi apapun, sebaiknya menggunakan motor yang terawat dengan baik dan rutin. Jadwalkan perawatan motor di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan serta perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bisa bekerja secara optimal. Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk fleksibilitas waktu dalam melakukan servis.

Service Motor Cari Aman Servis Motor AHM OIL Pentingnya Oli Mesin Vario 160 Honda Vario 160 All New Honda Vario 160 Oli Mesin

Berita Terkait