Safety Riding: Cara Aman Rem Di Tanjakan

Publikasi: 1 bulan 20 hari 17 jam yang lalu

Menggunakan sepeda motor matic di jalan menanjak dan menurun memerlukan penyesuaian dalam teknik berkendara. Tidak seperti motor bertransmisi manual, motor matic tidak bisa berakselerasi menggunakan gigi kecil saat menanjak, dan melakukan engine brake saat turun. Oleh sebab itu, perlu pemahaman keterampilan yang tepat, meliputi cara membuka-tutup gas, pengereman, postur tubuh, hingga perilaku berkendara yang aman untuk meminimalisir risiko kecelakaan yang tidak diinginkan.

Jaga Kecepatan Ideal

Saat melewati jalan tanjakan menggunakan motor matic, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kecepatan ideal dengan memanfaatkan momentum, baik sebelum maupun saat menanjak. Agar bisa mendapatkan kecepatan yang ideal, salah satu caranya adalah menjaga jarak dengan pengendara di depan sehingga Anda punya ruang untuk berakselerasi.

Jika jalan menanjak disertai tikungan berkelok yang tajam, pilih sisi jalur yang landai dan sebisa mungkin kurangi pengereman untuk menjaga laju kecepatan ideal tersebut. Jika ingin mengurangi kecepatan, lebih disarankan untuk melakukan deselerasi dengan menutup gas.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menanjak dengan motor matic adalah hindari berakselerasi dengan membuka-tutup gas secara agresif dan berulang-ulang, karena kondisi ini bisa menyebabkan mesin menjadi lebih panas (overheat) sehingga berpotensi merusak komponen di dalam mesin.

Terkait dengan postur berkendara, pada saat melewati jalanan menanjak yang cukup curam, sebaiknya pengendara lebih mencondongkan badan ke arah depan. Hal ini bertujuan agar beban berpusat ke bagian depan untuk menghindari roda depan motor terangkat (wheelie).

Agar nyaman berkendara dalam kondisi apapun, sebaiknya menggunakan motor yang terawat dengan baik dan rutin. Jadwalkan perawatan motor di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan serta perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bisa bekerja secara optimal. Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk fleksibilitas waktu dalam melakukan servis.

Serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, dibutuhkan adanya perlindungan maksimal pada kendaraan kesayangan, dengan cara memilih asuransi kendaraan yang tepat motor Honda Anda. Berkendara jadi lebih tenang, aman, dan nyaman. Temukan asuransi pilihan Anda disini. Dapatkan harga spesial!

Intip Keunggulan Honda Beat Street 2024 Sebelum Membeli

  • Tampilan Menawan Honda Beat Street 2024 memiliki desain fresh dengan stang telanjang yang memberikan kesan gagah dan posisinya yang lebih tinggi serta lebar.
  • Ukuran Roda Berbeda Honda Beat Street 2024 Memiliki ukuran roda 12 inci, dengan ban depan 100/90 dan ban belakang 110/90, serta grafis yang sporty dan berjiwa muda.
  • Super Irit  : Honda Beat Street 2024 menggunakan Mesin 110 cc SOHC dan sistem pembakaran injeksi PGM-FI eSP membuat konsumsi bahan bakar sangat efisien, mencapai 60.6 km/liter, dan mampu menempuh jarak 254,52 km per pengisian.
  • Handling Lincah  Honda Beat Street 2024 Menyediakan kenyamanan berkendara dengan handling responsif dan dinamis, ideal untuk jalanan perkotaan yang padat.

New Honda BeAT Street ESP Service Motor Perawatan Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Servis Motor Honda BeAT Honda BeAT Street Pengereman Rem Motor

Berita Terkait