Jangan Lakukan Throttle Body (TB) Cleaner Sambil Mesin Menyala

Publikasi: 3 hari 12 jam 57 menit yang lalu

Hindari servis injeksi dengan metode menyemprot Throttle Body (TB) Cleaner sambil menyalakan mesin karena isi kantong bisa boncos untuk melakukan servis. Metode ini biasa digunakan bengkel-bengkel yang tidak ingin repot membongkar bodi untuk membersihkan throttle body.

Untuk mempersingkat waktu, biasanya bengkel-bengkel hanya membuka bagian filter udara, lalu menyemprotkan cleaner, baik itu carb cleaner ataupun injector cleaner. Nah, metode seperti ini ternyata bisa menyebabkan isi kantong boncos. Karena metode tersebut malah memasukkan kotoran dari karet dan TB ke ruang bakar, metode ini sangat tidak direkomendasikan karena bisa memperburuk kondisi motor.

Sifat carb cleaner juga mengandung campuran aerosol, yang meningkatkan risiko terjadinya water hammer. Cara servis motor injeksi yang benar sebenarnya adalah dengan melepas TB dan membersihkannya di luar, agar kotorannya tidak masuk ke ruang bakar. Disarankan untuk membersihkan TB menggunakan injector cleaner, sementara untuk membersihkan injektor bisa menggunakan ultrasonic cleaner.

Yang terpenting, jangan membersihkan atau menyemprot TB saat mesin menyala sambil digas. Metode membersihkan ruang bakar dengan gurah juga tidak sepenuhnya aman, karena ada risiko kotoran menyelip di antara dinding piston dan ring piston. Hal ini bisa menyebabkan dinding liner baret.

Karenanya, perawatan motor apa pun sebaiknya dilakukan di bengkel yang terpercaya. Selalu jadwalkan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal. Ada baiknya juga memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan servis.*

Selain melakukan perawatan yang tepat, memiliki kendaraan yang tangguh dan efisien juga penting untuk menunjang kenyamanan berkendara. Salah satu pilihan terbaik adalah Honda Stylo 160, yang hadir dengan desain retro modern yang memikat, serta fitur-fitur canggih untuk kebutuhan harian. Dilengkapi mesin 160cc PGM-FI, motor ini menawarkan performa bertenaga sekaligus hemat bahan bakar berkat Idling Stop System.

Fitur unggulan seperti USB charger, full digital panel meter, dan Honda Smart Key System membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan aman. Dengan harga mulai dari Rp 28 jutaan untuk tipe CBS dan Rp 31 jutaan untuk tipe ABS, Honda Stylo 160 menjadi pilihan tepat bagi mereka yang mencari motor matic bergaya retro modern.

AHASS Service Motor Cari Aman Servis Motor Honda Stylo 160 Honda Stylo Astra Honda Authorized Service Station Carb Cleaner Throttle Body Cleaner Servis Motor Injeksi

Berita Terkait