Kenapa Busi Bisa Retak?

Publikasi: 8 hari 7 jam 26 menit yang lalu

Busi merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor maupun mobil. Busi berfungsi sebagai pemantik api di ruang bakar, sehingga bisa menggerakkan piston dan memutar poros engkol. Seiring pemakaian dan karena berbagai sebab, busi ternyata juga bisa retak.

Saat melakukan servis kendaraan serta mengecek busi, mungkin sebagian dari kita pernah melihat keramik busi retak. Keramik busi yang retak sudah menjadi indikasi untuk segera diganti dengan yang baru karena bisa berdampak pada kinerja mesin kendaraan. Namun, apa yang menyebabkan keramik pada busi bisa retak?

Keramik busi yang retak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti handling yang tidak tepat, yaitu ketika busi beradu dengan material yang lebih keras atau terjatuh dari tempat yang cukup tinggi. Retakan pada keramik busi bisa mengakibatkan kebocoran listrik pada busi, yang berakibat pada masalah teknis seperti ruang bakar menjadi lebih mudah kotor karena aliran listrik pada busi tidak lancar. Efek lain akibat keramik retak dalam jangka panjang adalah mesin terasa berat dan boros, sehingga busi cepat aus dan susah menyala hingga mati.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan proses pemasangan busi perlu dilakukan dengan tepat, seperti menggunakan ukuran kunci busi yang sesuai dan menggunakan kunci busi bermagnet bila posisi busi sulit dijangkau. Apabila sudah terlihat busi retak pada kendaraan, segera ganti dengan busi yang baru agar performa kendaraan tetap maksimal dan menjaga keamanan dalam berkendara.

Hal lain yang sering menjadi penyebab retaknya busi adalah proses pemasangan busi dengan kunci busi yang tidak tepat. Karenanya, sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan apapun pada motor Anda di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal. Manfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan servis.

All New Honda BeAT Street 2024: Tampil Tangguh dengan Teknologi Terkini

Untuk menjaga performa kendaraan, memperhatikan komponen seperti busi sangatlah penting. Pemilihan motor yang handal juga berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Salah satu skutik yang menawarkan keunggulan tersebut adalah All New Honda BeAT Street 2024 , yang dirancang khusus untuk para penggemar skutik berkarakter tangguh.

Menjawab kebutuhan para penggemar skutik dengan karakter lebih macho, Honda menghadirkan Honda BeAT Street 2024. Motor ini dirancang bagi mereka yang menginginkan tampilan tangguh tanpa mengesampingkan kenyamanan dan fitur modern. Dengan desain maskulin, velg 12 inci, serta ban depan 100/90 dan ban belakang 110/90, BeAT Street 2024 memberikan stabilitas berkendara di berbagai kondisi jalan.

Dilengkapi teknologi pencahayaan terkini dengan lampu LED yang lebih terang dan efisien, motor ini juga memiliki Combined Digital Panel Meter dengan layar berwarna biru yang menampilkan informasi penting seperti kecepatan, odometer, dan bahan bakar. Teknologi eSP (enhanced Smart Power) pada mesin 110cc SOHC menawarkan performa optimal dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

Untuk aspek keamanan, Honda BeAT Street 2024 dilengkapi dengan Secure Key Shutter dengan tombol pembuka jok serta sistem pengereman Combi Brake System (CBS) yang meningkatkan keselamatan berkendara. Fitur Idling Stop System (ISS) juga membantu menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti.

Motor BeAT Street 2024 hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Street Black dan Street Brown, dengan harga Rp. 19.902.000 untuk wilayah Jakarta - Tangerang. Kombinasi desain tangguh dan teknologi canggih pada Honda BeAT Street 2024 menjadikannya pilihan utama bagi mereka yang menginginkan skutik dengan performa dan gaya yang menonjol.

Pastikan selalu melakukan perawatan dan pengecekan komponen seperti busi di bengkel AHASS agar kendaraan Anda tetap dalam kondisi optimal. Gabungan antara motor dengan teknologi terkini dan perawatan yang tepat akan menjaga performa motor dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

New Honda BeAT Street ESP Honda BeAT Street Busi Motor Busi

Berita Terkait