Rawat Cat Motor Biar Terus Kinclong

Publikasi: 6 hari 18 jam 33 menit yang lalu

Selain bagian mesin motor, bodinya pun perlu dirawat dengan baik. Bodi yang warna catnya pudar, sebenarnya bikin tak sedap dipandang.

Sejatinya, warna cat motor bisa bertahan sekitar 5 hingga 10 tahun. Warna ini dipastikan bakal memudar seiring berjalannya waktu, apalagi jika pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan yang benar.

Ini tips singkat merawat cat motor agar tetap kinclong. Yuk disimak:

1. Jangan Pasang Stiker, Memasang stiker pada sepeda motor kurang baik untuk cat motor itu sendiri, apalagi jika stiker yang digunakan berkualitas buruk.

Sebab, menempelkan stiker hanya akan menimbulkan bekas dan rentan membuat cat bodi motor ikut terkelupas. Jika memang ingin memasang stiker, setidaknya pilih jenis stiker yang berkualitas.

2. Cuci Rutin Rajin mencuci motor, apalagi jika kendaraan sering digunakan, adalah sebuah perawatan wajib.

Meskipun motor sekilas tidak terlihat kotor, tetap ada debu dan kotoran lain yang menempel pada bodi motor yang harus segera dibersihkan. Karena semakin lama dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan sulit dihilangkan.

Dalam satu minggu, motor setidaknya perlu dicuci minimal satu kali. Selain itu, setelah motor kehujanan, segera cuci. Karena air hujan bisa membuat cat motor memudar.

3. Gunakan Sabun Khusus, Saat mencuci motor, gunakan sampo khusus yang memang diformulasikan untuk menjaga cat bodi motor.

Cukup banyak pemilik kendaraan roda dua yang sembarangan menggunakan sabun yang bukan peruntukannya, seperti sabun cuci piring atau sampo untuk rambut.

Penggunaan bahan kimia dan kandungan pH yang tidak tepat memang tidak menimbulkan efek kusam secara langsung. Namun, jika dilakukan sering, lama-kelamaan akan membuat cat motor lebih cepat kusam dan memudar.

4. Parkir di Tempat Teduh, Pastikan selalu memarkir motor di tempat yang teduh. Paparan cahaya matahari dapat membuat cat motor kusam dan perlahan hilang kilaunya.

Jika hal ini terus terjadi, warna cat motor akan cepat pudar dan menyebabkan belang. Jika harus parkir di luar ruangan, usahakan motor tidak terpapar sinar matahari langsung, terutama pada siang hari.

Sebaiknya, letakkan di samping gedung atau di bawah pohon yang bisa menghalangi sinar matahari. Jika parkir di bawah pohon yang bergetah, sebaiknya motor ditutupi dengan alas.

5. Gunakan Bahan Poles yang Tepat Anda juga bisa memoles motor untuk menjaga catnya tetap kinclong dan menghilangkan baret-baret halus pada bodi. Perawatan cat ini bisa dilakukan dengan menggunakan cairan khusus poles motor.

Namun, jangan lakukan perawatan poles ini terlalu sering. Sebab, penggunaan berlebih justru dapat mengikis dan merusak cat sepeda motor.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan warna baru pada Honda Super Cub C125, yakni Pearl Cadet Gray dan Matte Axis Gray Metallic. Selain suguhan warna bodi baru, Honda Super Cub C125 kini memiliki kombinasi warna jok cokelat dan abu-abu untuk tipe warna Pearl Cadet Gray dan Pearl Nebula Red.

Untuk merawat motor dari merek apa pun, termasuk catnya, sebaiknya lakukan di bengkel terpercaya, dan selalu jadwalkan pemeriksaan serta perawatan rutin di bengkel AHASS, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal.

Ada baiknya juga memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare

Berita Terkait