Begini Cara Mengoperasikan Idling Stop System

Publikasi: 3 hari 7 jam 28 menit yang lalu

Idling Stop System (ISS) pada motor Honda adalah sebuah fitur yang dapat membuat mesin sepeda motor berhenti bekerja secara otomatis ketika tidak dibutuhkan, seperti saat di lampu merah atau di tengah kemacetan. Salah satu fungsi ISS adalah untuk menekan konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Dalam waktu 3 detik, mesin akan mati secara otomatis, sehingga konsumsi bahan bakar yang tidak perlu berkurang dan emisi gas buang menurun.

Lantas bagaimana mengaktifkan fitur ISS:

Nyalakan Mesin: Putar Tuas Gas

Saat mesin dimatikan oleh ISS, lampu indikator akan berkedip menandakan bahwa Idling Stop System sedang aktif. Untuk menyalakan mesin kembali, pengendara cukup memutar tuas gas seperti biasa. Ketika tuas gas diputar, Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan alternator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter, dan mesin pun akan menyala kembali.

Jika tombol ISS berada di posisi "Stop" (tekan tombol bagian atas), maka fitur Idling Stop System tidak akan bekerja.

Bagaimana Mengaktifkannya

Untuk mengaktifkan fitur ISS, cukup tekan tombol ISS di stang sebelah kanan ke posisi "Idling" (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi "Idling", lampu indikator pada panel meter akan menyala. Ketika motor dijalankan, sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.

Syarat agar Idling Stop System bekerja:

  • Tekan tombol Idling Stop pada posisi "Idling Stop"
  • Putaran mesin standar 1.700 rpm +/- 100
  • Suhu mesin melebihi 60 derajat Celsius
  • Motor telah mencapai kecepatan lebih dari 10 kilometer/jam
  • Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh

 Fitur ISS dapat ditemui pada beberapa motor matic Honda seperti ADV 160, PCX 160, Vario 160 , Stylo 160,  Vario 125 dan BeAT . Untuk memaksimalkan manfaat ISS, jangan lupa lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS terdekat supaya fitur ISS selalu berfungsi dengan baik dan mesin sepeda motor selalu dalam kondisi prima.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Idling Stop Idling Stop System (ISS)

Berita Terkait