Penyebab Busi Motor Basah Oli Dan Cara Mengatasinya

Publikasi: 23 hari 14 jam 49 menit yang lalu

Busi adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa motor. Jika busi dalam kondisi basah, kinerjanya bisa berkurang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab busi motor basah oli.

Jika busi motor basah karena oli, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada mesin dan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jika tidak diatasi, masalah ini dapat menjadi serius pada mesin kendaraan.

Apa Sebab Busi Motor Basah Oli?

Penyebab utama busi motor basah oli berasal dari beberapa bagian di mesin kendaraan, di antaranya:

1. Kerusakan di Bagian Lubang Pembakaran

Kerusakan pada bagian lubang pembakaran kepala silinder dapat mengakibatkan busi menjadi basah karena oli. Kondisi ini menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran dan menimbulkan masalah saat proses pembakaran di mesin motor.

2. Kerusakan Ring Piston

Jika ring piston pada mesin kendaraan rusak, hal ini dapat menyebabkan oli mengalir masuk ke ruang pembakaran. Kerusakan ring piston juga dapat membuat busi basah karena oli, sehingga mengganggu proses pembakaran pada mesin.

3. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai, misalnya campuran oli dan bahan bakar yang tidak tepat, dapat menyebabkan kebocoran di bagian tertentu pada mesin, sehingga membuat busi motor basah karena oli.

4. Kebocoran di Gasket Mesin atau Seal

Penyebab busi motor basah karena oli bisa juga berasal dari kebocoran pada gasket mesin atau seal. Kerusakan atau aus pada bagian ini dapat menyebabkan oli bocor dan mengalir ke busi sebagai tempat pembakaran.

Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Setelah mengetahui penyebabnya, penting untuk memahami langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya, yaitu:

  • Lakukan pengecekan menyeluruh terhadap seluruh bagian mesin, khususnya ring piston, seal, gasket, dan ruang pembakaran untuk memastikan adanya kebocoran oli.
  • Ganti bagian-bagian yang mengalami kerusakan jika sudah tidak bisa diperbaiki.
  • Periksa dan perbaiki bagian-bagian yang rusak atau aus di dalam mesin kendaraan.
  • Gunakan oli dan ganti secara rutin sesuai ukuran yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan.

Kondisi busi motor basah karena oli bukanlah masalah fatal yang tidak bisa diatasi. Pemilik kendaraan hanya perlu mengetahui penyebabnya agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi dan mencegah kerusakan mesin lebih lanjut.

Perawatan motor yang terbaik adalah dengan menjadwalkannya secara rutin ke bengkel. Lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bisa bekerja secara optimal. Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan servis.*

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor Busi Motor

Berita Terkait